Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Jurusan Kuliah yang Hanya ada 1 di Indonesia, Cek Daya Tampungnya

Kompas.com - 19/12/2023, 14:08 WIB
Theresia Aprilie,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pilihan jurusan kuliah merupakan langkah awal yang penting dalam menentukan masa depan akademis dan profesional seseorang. Di Indonesia, terdapat beragam jurusan kuliah yang dapat dipilih oleh para calon mahasiswa.

Namun, terdapat beberapa jurusan menonjol karena keunikannya, di mana hanya satu institusi yang menawarkan program studi tersebut.

Berikut ini 10 jurusan kuliah unik yang hanya ada satu di Indonesia, jurusan-jurusan ini bisa menjadi referensi untuk mendaftar PTN tahun 2024.

Baca juga: 5 Jurusan Undip yang Sedikit Peminat, Ada Pilihanmu di UTBK SNBT 2024?

1. Astronomi - Institut Teknologi Bandung

Jurusan ini berfokus pada analisis fenomena-fenomena yang terjadi di luar angkasa, seperti gravitasi, radiasi, spektrum, dan sejenisnya. Lulusan dari program studi ini memiliki peluang karir yang luas, termasuk di bidang astronomi, astrofisika, rekayasa antariksa, pendidikan, dan penelitian.

Jurusan ini berada di dalam Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) - Ilmu Pengetahuan Alam di ITB dan memiliki daya tampung SNBP sebesar 167 orang, SNBT 89 orang, dan SM ITB 17 orang.

2. Sastra Belanda - Universitas Indonesia

Program studi ini fokus pada kajian sastra Belanda, mencakup kedua aspek klasik dan modern, sambil mengeksplorasi keterkaitannya dengan sejarah, budaya, dan masyarakat Belanda.

Selain itu, jurusan ini menitikberatkan pada pemahaman bahasa Belanda, termasuk aspek tata bahasa, kosa kata, dan fonetik. Para lulusan dari program ini memiliki berbagai peluang karier, termasuk di bidang pendidikan, penerjemahan, penelitian, diplomasi, dan sektor pariwisata.

Baca juga: 9 Jurusan Sepi Peminat di Universitas Indonesia, Acuan UTBK SNBT 2023

Berikut ini daya tampung jurusan Sastra Belanda di UI dari berbagai jalur masuk:

  • SNBP: 16 orang
  • SBT: 24 orang
  • PPKB reguler: 5 orang
  • PPKB non-reguler: 14 orang
  • SIMAK reguler: 5 orang
  • SIMAK non-reguler: 14 orang.

3. Ilmu Keluarga dan Konsumen - IPB University

Program studi ini fokus pada kajian perilaku, kebutuhan, preferensi, dan kesejahteraan keluarga dan konsumen, serta strategi untuk memenuhi dan meningkatkannya.

Para lulusan dari jurusan ini memiliki peluang untuk berkarier di berbagai sektor, termasuk pendidikan, konseling, penelitian, pemasaran, dan berbagai bidang lainnya.

Daya tampung jurusan ini dari berbagai jalur masuk IPB, yaitu:

  • SNBP: 43 orang
  • SNBT: 39 orang
  • Mandiri: 12 orang
  • SM-IPB: 16 orang.

4. Rekayasa Nanoteknologi - Universitas Airlangga

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com