Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kelola Dana BOS, 218.898 Sekolah Gunakan ARKAS Sepanjang 2023

Kompas.com - 25/12/2023, 12:02 WIB
Sania Mashabi,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) merilis angka pengguna Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (ARKAS) 4.0.

Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah Kemendikbud Ristek, Praptono mengatakan sepanjang tahun 2023 ARKAS 4.0 sudah digunakan oleh 218.898 sekolah penerima Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

"Tahun ini sudah ada 218.898 satuan penerima BOS yang sudah menggunakan ARKAS 4.0 dan 12,26 persen ya satuan pendidikan yang penerima BOP ini sudah beralih ke arkas 4.0," kata Praptono dalam diskusi daring ARKAS dan SIPlah Tingkatkan Akuntabilitas Sekolah di Akun YouTube Kemendikbud, Sabtu (23/12/2023).

Baca juga: 2 Beasiswa S2-S3 Khusus Perempuan, Kuliah Gratis dan Tunjangan Anak

Praptono menjelaskan, aplikasi ARKAS memang sengaja diperbarui untuk memberikan pelayanan yang lebih baik utamanya untuk para guru.

Itu akan membuat para guru merasa lebih praktis karena sudah terintegrasi dengan Sistem Informasi Pengadaan Sekolah (SIPlah).

Integrasi tersebut akan memudahkan guru mendata pembelanjaan yang dilakukan sekolah secara detail dari SIPlah dan tidak perlu dilakukan manual.

Selain itu, ARKAS juga telah dibuat penuh nyaman untuk semua guru yang biasanya memiliki kemampuan variatif dalam penggunaan teknologi.

"Hirarki informasinya dibuat menjadi lebih terstruktur dan bahkan perhitungan pajak otomatis itu sudah bisa disesuaikan dengan jenis pembelanjaan," ujarnya.

Baca juga: Beasiswa bagi Guru ke Jepang 2023, Uang Saku Rp 16 Juta Per Bulan

Penggunaan ARKAS juga dibuat dengan aman dan mencakup semua data sumber dana yang ada di aplikasi sebelumnya yakni ARKAS 3.0.

"Kemudian meningkatkan relevansi tiap menu dan info yang ditampilkan dan tentu dilengkapi dengan notifikasi error. sehingga harapannya tentu bagaimana sekolah ini bisa menjadi lebih baik," ucap Praptono.

Sebelumnya diberitakan, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek), Nadiem Makarim resmi merilis ARKAS versi 4 secara nasional pada Senin (7/8/2023).

Perilisan ARKAS versi 4 merupakan penyempurnaan dari versi sebelumnya yaitu ARKAS versi 3.4 dengan tiga pilar kemudahan yaitu lebih praktis, lebih nyaman, dan lebih aman.

"Melalui pembaruan pada sejumlah fitur, ARKAS 4 hadir dengan alur penggunaan dan desain yang jauh lebih intuitif dan aman, karena sesuai dengan petunjuk teknis. Platform ini juga lebih praktis, karena telah terintegrasi dengan pajak otomatis SIPLah," kata dia dalam keterangan resminya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com