Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Raih Skor 96, PPID UNJ Raih Penghargaan Badan Publik Informatif KIP 2023

Kompas.com - 19/12/2023, 19:26 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - PPID Universitas Negeri Jakarta (UNJ) penghargaan kualifikasi “Informatif’ Komisi Informasi Pusat Republik Indonesia (KIP RI) untuk kategori Perguruan Tinggi Negeri dalam Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2023.

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) UNJ dilaksanakan Kantor Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerjasama yang dalam menjalankan tugasnya dibantu Kantor Humas dan Informasi Publik sebagai PPID Pelaksana.

Sebelumnya dari tahun 2021 hingga 2022, PPID UNJ meraih nilai kualifikasi “Menuju Informatif”. Pada tahun ini PPID UNJ dalam Anugerah Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2023 meraih penghargaan kualifikasi badan publik “Informatif”.

Penghargaan Anugerah Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2023 ini langsung diberikan Wakil Presiden Republik Indonesia Ma'ruf Amin kepada Rektor UNJ pada Prof. Komarudin pada Rabu, 19 Desember 2023 di Istana Wakil Presiden RI Jakarta.

Rektor UNJ menyampaikan, keterbukaan informasi publik merupakan bagian dari perwujudan demokrasi di mana setiap warga negara berhak mendapatkan informasi publik yang dibutuhkan dari suatu badan publik.

Hasil monitoring dan evaluasi yang dilakukan KIP RI ini merupakan wujud transparansi dalam penyelenggaraan keterbukaan publik oleh badan publik. PPID UNJ berkomitmen melaksanakan keterbukaan informasi publik secara baik.

Tahun sebelumnya, PPID UNJ sebagai Badan Publik Kategori PTN memperoleh predikat Menuju Informatif, namun tahun ini Alhamdulillah memperoleh predikat Informatif dengan nilai di atas 96.

Penghargaan PPID UNJ yang sangat baik ini turut menjadi bukti secara keterbukaan informasi publik kita sudah sangat siap untuk menuju PTN-BH dan mencapai World Class University, ungkap Prof. Komarudin.

Baca juga: Humas Untar Terima Penghargaan Tertinggi pada Anugerah Diktiristek 2023

Prof. Komarudin menambahkan bahwa PPID UNJ terus berinovasi lewat media sosial UNJ seperti Facebook, Twitter, dan Instagram UNJ Official. Inovasi lain melalui media audio-visual dengan dibentuknya “Edura TV”.

PPID UNJ juga memberikan informasi melalui produk jurnalistik dalam bentuk berita di website utama UNJ, serta Edura News untuk liputan yang mendalam (in-depth).

UNJ juga membangun sinergi secara internal dalam menyebarluaskan informasi publik dengan menjalin kolaborasi dan mendukung penyelenggaraan media-media yang dikelola oleh mahasiswa UNJ, seperti Sigma TV UNJ, Didaktika UNJ, dan Radio Era FM UNJ.

Kolaborasi juga dibangun dengan Ikatan Alumni UNJ (IKA UNJ) dan Pusat Karir UNJ (Career Center) untuk memberikan informasi mengenai lulusan UNJ dan lowongan pekerjaan yang disediakan oleh dunia usaha dan dunia industri.

"Selain itu PPID UNJ juga bersinergi dengan media Forum Wartawan Pendidikan Jakarta (Fortadik) dalam melaksanakan pemberitaan publik," tambah Prof. Komarudin.

Wakil Rektor UNJ Bidang Perencanaan dan Kerja sama, Prof. Fahrurrozi yang juga merupakan Ketua Pelaksana PPID UNJ menyampaikan, pola PPID UNJ berdasarkan prinsip penta helix membangun sistem, inovasi, dan kolaborasi dengan pemerintah, media, komunitas, bisnis, dan akademisi.

Sehingga PPID UNJ dapat memberikan pelayanan prima dalam keterbukaan informasi publik. Secara sistem, PPID UNJ membangun keterbukaan informasi publik tidak hanya dari pusat, namun juga sampai ke level lembaga, biro, fakultas dan program studi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com