Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mischka dan Devon Raih Penghargaan "Anak Bangsa Edukatif" Ajang Festival Musik dan Budaya Anak Indonesia

Kompas.com - 13/12/2023, 11:02 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Mischka Aoki dan Devon Kei Kenzo, kakak-beradik multitalenta, dilantik sebagai “Anak Bangsa Edukatif”. Penghargaan ini diberikan dalam ajang Festival Musik dan Budaya Anak Indonesia. 

Festival Musik dan Budaya Anak Indonesia sendiri merupakan sebuah ajang yang memberikan ruang kepada anak-anak bangsa berkreasi, menyalurkan bakat, serta memberikan ruang edukasi, sekaligus wadah berbagi informasi.

Acara diselenggarakan pada 9-10 Desember 2023 di Jakarta International Stadium (JIS) oleh Simfoni Bintang Kecil dengan mengangkat tema “Aku Bangga Menjadi Anak Indonesia”.

"Kami berdua sangat bersyukur bisa menerima Penghargaan Anak Bangsa Edukatif ini. Kami bersyukur, melalui perjalanan kami, bisa berbagi motivasi, ilmu dan pengetahuan kami kepada teman-teman semua di seluruh Indonesia," ungkap Mischka.

"Dan penghargaan ini merupakan hasil kerja sama dari semua pihak yang telah mendukung kami dalam usaha kami untuk berbagi, berkunjung ke banyak sekali sekolah-sekolah, dan bertemu teman-teman pelajar lainnya di seluruh Indonesia,” tambahnya.

Devon menambahkan dengan menekankan pentingnya pendidikan, tidak hanya bagi masa depan kita, tapi juga berdampak bagi bangsa, bahkan dunia.

“Pendidikan adalah senjata yang ampuh untuk mengubah dunia. Mari, bersama-sama kita ciptakan masa depan bangsa Indonesia yang lebih baik lagi," tegas Devon.

"Karena ingat, kita sebagai anak bangsa Indonesia, harus bisa menjadi pelopor bukan hanya bagi negara kita Indonesia tetapi juga harus bisa menjadi pelopor bagi negara-negara di dunia,” pesan Devon.

Baca juga: Chintya, Lulusan Cumlaude Undip yang Raih Banyak Prestasi

Sebagai informasi, Devon yang dijuluki “senyuman matematika”, bersama dengan Mischka konsisten memberikan solusi-solusi praktis dalam berhitung, serta tips belajar bahasa Inggris secara menyenangkan melalui TikTok yang juga kerap tampil dengan gaya yang fasionable.

Belum lama ini, Mischka dan Devon mendapatkan 4.0 GPA untuk semua mata pelajaran yang dipelajari. Untuk itu, mereka baru saja dilantik menjadi bagian dari American National Honor Society.

Ajang inspirasi generasi penerus

Mischka Aoki dan Devon Kei Kenzo dilantik sebagai Anak Bangsa Edukatif dalam ajang Festival Musik dan Budaya Anak Indonesia (9-10/12/2023).DOK. PRIBADI/MISCHKA DEVON Mischka Aoki dan Devon Kei Kenzo dilantik sebagai Anak Bangsa Edukatif dalam ajang Festival Musik dan Budaya Anak Indonesia (9-10/12/2023).

Sebelumnya kakak-beradik sarat prestasi ini berhasil meraih 100 medali Olimpiade Matematikan dan Sains Internasional dan kerap dipercaya menjadi pembicara dan motivator diberbagai acara seperti ASEAN 2023 beberapa bulan lalu.

Mereka juga memenangkan berbagai kompetisi Internasional public speaking, computer programming dan lainnya.

“Yuk teman-teman, mari kita terus semangat belajar. Mari, bersama-sama wujudkan mimpi-mimpi besar kita,” pungkas Devon. 

Melia Lustojoputro, salah satu founder Festival Musik dan Budaya Anak Indonesia menyatakan, festival ini bertujuan untuk memperkenalkan kembali warisan budaya bangsa kepada generasi muda Indonesia, membangkitkan rasa cinta, apresiasi terhadap bangsa Indonesia. 

Di antara rangkaian pemberian penghargaan, Festival Musik dan Budaya Anak Indonesia menampilkan pertunjukkan dari sejumlah artis cilik, dan mantan artis cilik, yang melantunkan lagu-lagu anak.

Baca juga: OPSI 2023 Jadi Wadah Pengembangan Prestasi Siswa Sejak Dini

 

Selain pertunjukkan dari sejumlah artis, para pelajar dari berbagai sekolah, mendapat kesempatan menampilkan bakat dan kreativitas mereka. Berbagi panggung dengan beberapa komunitas terpilih, memperkenalkan kembali kekayaan budaya Indonesia.

Festival Musik dan Budaya Anak Indonesia juga dihadiri Putri Ariani, Kak Seto dan Titiek Puspa. Ajang ini diharapkan memberikan inspirasi kepada generasi penerus untuk terus mencintai, menghormati, dan memiliki rasa bangga terhadap warisan budaya Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com