Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Beasiswa S1-S3 Tanpa LoA Unconditional, Kuliah Gratis dan Tunjangan

Kompas.com - 13/12/2023, 10:00 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ada 8 beasiswa ke luar negeri jenjang S1, S2 dan S3 yang tidak mensyaratkan LoA Unconditional saat mendaftar.

LoA Unconditional adalah surat yang diberikan oleh perguruan tinggi yang isinya menyatakan bahwa mahasiswa telah diterima di perguruan tinggi pilihan tanpa ada syarat lain. Jadi hanya tinggal registrasi ulang saja.

Baca juga: 15 Dokumen Penting untuk Daftar Beasiswa LPDP 2024

Namun, lewat 8 beasiswa ke luar negeri ini, calon mahasiswa S1, S2, dan S3 bisa mendaftarkan diri dengan lebih mudah. Apa saja beasiswa tersebut?

1. Global Korean Scholarship - Korea Selatan

Beasiswa ke luar negeri tanpa LoA Unconditional, salah satunya adalah GKS.

Beasiswa S1 ke Korea Selatan ini memberikan persyaratan jika pendaftar adalah siswa yang masuk dalam 20 besar rangking sekolah.

Selain gratis kuliah, mahasiswa S1 berhak mendapatkan biaya hidup 900.000 KRW atau sekitar Rp 10 juta dan biaya lain seperti biaya studi bahasa Korea hingga asuransi kesehatan.

Bagi jenjang S2 dan S3, berhak mendapatkan uang saku bulanan sekitar 1.000.000 KRW atau Rp 12 juta ditambah biaya studi bahasa Korea, bantuan riset, asuransi kesehatan, dan tiket pesawat.

Tak ada syarat LoA Unconditional yang diminta. Siswa bisa melampirkan sertifikat Test of Proficiency in Korean (TOPIK) atau sertifikat berbahasa Korea.

Baca juga: 5 Hal yang Bikin Tidak Lolos Beasiswa LPDP 2024

2. Monbukagakusho Scholarship/MEXT - Jepang

Beasiswa ini dibuka bagi jenjang S1, S2 dan S3. Untuk jenjang S1, mahasiswa berhak mendapatkan biaya kuliah, tunjangan hidup sebesar kurang lebih 117.000 yen per bulan atau sekitar Rp 15,5 juta per bulan, tiket pesawat pergi pulang Indonesia - Jepang, bebas biaya pengurusan visa pelajar.

Bagi jenjang S2 dan S3, untuk jenjang S2 sebesar 147.000 yen atau sekitar Rp 15 juta dan S3 148.000 yen atau sekitar Rp 15,8 juta dan dapat berubah sesuai dengan ketentuan peraturan program beasiswa MEXT.

Dokumen yang dibutuhkan hanya data diri, ijazah, transkrip nilai, dan dokumen lainnya.

3. Australia Awards Scholarship - Australia

Beasiswa tanpa LoA Unconditional lainnya datang dari Australia. Beasiswa ini bisa dilamar mahasiswa S1 dan S2.

Bantuan untuk biaya hidup selama belajar di Australia adalah sebesar 30.000 dollar Australia atau sekitar Rp 305 juta per tahun.

Dokumen yang diperlukan contohnya Curriculum Vitae (CV), ijazah, transkrip nilai, sertifikat Bahasa Inggris, dan KTP.

4. Beasiswa Chevening - United Kingdom

Beasiswa Chevening juga tidak mensyaratkan LoA Unconditional bagi mahasiswa S2. Persyaratan yang diberikan, salah satunya adalah mahasiswa sudah bekerja (part time/full time) selama 2 tahun.

Baca juga: Beasiswa S2-S3 Oxford University 2024, Tunjangan Rp 362 Juta Per Tahun

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com