Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Masuk PTN Jalur Rapor? Cek Ketentuan di 7 Kampus Negeri

Kompas.com - 16/12/2023, 12:10 WIB
Mahar Prastiwi,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Selain jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), ada beberapa perguruan tinggi negeri (PTN) yang membuka penerimaan mahasiswa baru berdasarkan nilai rapor melalui jalur lainnya.

Dilansir dari laman masing-masing kampus, berikut seleksi masuk perguruan tinggi jalur rapor yang dibuka di 7 PTN:

1. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Universitas Gadjah Mada (UGM) membuka seleksi Penelusuran Bibit Unggul Tidak Mampu (PBUTM) khusus untuk siswa yang memiliki kemampuan akademik tinggi, tetapi berasal dari keluarga kurang mampu.

Baca juga: Beasiswa S1-S2 Brunei Darussalam 2024, Kuliah Gratis dan Tunjangan

Seleksi ini mensyaratkan nilai rapor semua mata pelajaran semester 1 sampai 5 di atas KKM. Selain itu, siswa juga mendapat rekomendasi dari sekolah dan merupakan 25 persen siswa terbaik di kelasnya.

Selain PBUTM, UGM juga masih membuka seleksi melalui rapor bertajuk Penelusuran Bibit Unggul Berprestasi (PBUB).

Jalur seleksi ini dikhususkan untuk siswa pemenang lomba di bidang olahraga, seni, dan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK), baik tingkat provinsi, nasional, atau internasional. Siswa juga harus melampirkan rapor semester 1 sampai 5 dengan nilai di atas KKM untuk semua mata pelajaran.

2. Universitas Padjadjaran (Unpad)

Unpad juga buka jalur rapor melalui Jalur Prestasi Unpad. Jalur Prestasi Unpad ini mempertimbangkan nilai akademik dan prestasi atau penghargaan yang didapat siswa.

Kriteria kelulusan sendiri berdasarkan nilai gabungan dari peringkat prestasi tertinggi di level nasional atau internasional dari semua portofolio serta nilai akademik sesuai kuota.

Baca juga: 11 Beasiswa S1-S3 Jerman 2024 Tanpa Syarat IELTS, Bisa Kuliah Gratis

3. Universitas Diponegoro (Undip)

Jalur SBUB Undip adalah seleksi mahasiswa baru program Sarjana dan Diploma jalur Seleksi Bibit Unggul Berprestasi (SBUB).

Jalur seleksi ini terbuka untuk lulusan tiga tahun terakhir, yakni 2021, 2022, dan 2023 dari SMA/MA/SMK/MAK.

Peserta yang mengikuti seleksi masuk Undip ini wajib memiliki nilai rata-rata rapor per semester sebesar 70 dari skala 100.

4. Universitas Negeri Semarang (Unnes)

Jalur PSSD Unggulan Unnes menjadi jalur seleksi khusus bagi yang berminat menempuh program Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD).

Jalur PGSD Unnes terbuka bagi siswa lulusan 2023. Seleksi berdasarkan nilai rapor semester 1-5 untuk mata pelajaran bahasa Inggris, IPA, IPS, matematika, PKn, dan bahasa Indonesia dengan nilai minimal 8.

Siswa juga akan mengikuti ujian tulis bahasa Inggris dan tes potensi akademik serta wawancara.

Baca juga: 5 PTN yang Membuka Jalur Khusus Ketua OSIS, Siswa SMA Wajib Tahu

5. Universitas Brawijaya (UB)

Seleksi Mandiri Universitas Brawijaya (SMUB) merupakan seleksi masuk yang diselenggarakan secara mandiri oleh Universitas Brawijaya berdasarkan nilai rapor serta prestasi akademik dan non-akademik sesuai ketentuan.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com