Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UNY Siap Tampung 6.000 Mahasiswa Baru pada 2024

Kompas.com - 11/12/2023, 19:18 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) siap membuka penerimaan mahasiswa baru pada 2024. Ada 6.000 bangku yang bisa diperebutkan oleh calon mahasiswa.

Semua bangku itu tersebar dari tiga jalur masuk, yakni Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), dan Seleksi Mandiri.

Baca juga: 10 Jurusan Kuliah di UGM yang Sepi Peminat, Acuan Daftar SNBP 2024

"Daya tampung mahasiswa UNY tahun 2024 lebih dari 6.000 orang dari setiap jalur, baik dari jenjang S1 maupun D4," kata Kepala Unit Admisi UNY, Dr. Setya Raharja dikutip dari laman UNY, Senin (11/12/2023).

Berdasarkan data tahun 2023, peminat tertinggi untuk studi lanjut jenjang S1 di UNY dari ketiga jalur, yakni Prodi Manajemen yang diminati oleh 13.762 siswa dan diterima 459 siswa.

Sedangkan keketatan persaingan tertinggi ada pada prodi Teknologi Informasi dimana satu kursi diperebutkan oleh 79 calon mahasiswa.

"Peminat prodi Teknologi Informasi tercatat 6.327 siswa dan diterima 81 siswa," ungkap dia.

Baca juga: Alasan Kemendikbud Buat Aturan Siswa Lulus SNBP Tak Bisa Ikut Jalur Mandiri

Dia mengaku, pelaksanaan Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2024 diawali dengan Registrasi Akun SNPMB pada Portal SNPMB (https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id).

Pendaftar wajib memiliki akun SNPMB melalui Single Sign On (SSO) mulai kegiatan pengisian PDSS, pendaftaran SNBP, hingga pendaftaran UTBK-SNBT.

Pendaftar SNPMB 2024 dari keluarga kurang mampu secara ekonomi dapat mengajukan bantuan biaya pendidikan skema Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah).

Baca juga: 10 Jurusan UI Terketat pada SNBP 2023, Acuan Calon Mahasiswa di 2024

Informasi detail KIP Kuliah di Kemendikbud Ristek bisa dilansir dari laman https://puslapdik.kemdikbud.go.id. Sedangkan informasi lengkap KIP Kuliah di Kemenag pada laman https://kip-kuliah.kemenag.go.id.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com