Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lewat Merdeka Belajar, Pendidikan Vokasi Lebih Terbuka dan Inovatif

Kompas.com - 13/12/2023, 15:08 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Presiden Jokowi menyatakan, melalui Merdeka Belajar, transformasi pendidikan telah menghasilkan pendidikan vokasi yang lebih terbuka, relevan, dan inovatif untuk menyiapkan future talent dan future skills di berbagai bidang.

Melalui sederet penampilan talenta-talenta vokasi dari panggung utama pada pameran Vokasifest 2023, pasar senggol, hingga sesi lokakarya menjadi penanda kesiapan vokasi untuk menyiapkan talenta-talenta masa depan Indonesia di berbagai bidang, mulai dari bidang teknologi, industri manufaktur, musik, animasi, kuliner, hingga seni dan budaya dan sebagainya.

Baca juga: Jokowi: Kebijakan MBKM Beri Dampak Nyata bagi Pembangunan SDM

"Tadi saya berkeliling, melihat ada bus, aplikasi-aplikasi, platform-platform, animasi, dan banyak lagi," kata Jokowi pada acara Vokasifest x Festival Kampus Merdeka di Graha Bhakti Budaya, Taman Ismail Marzuki, Jakarta, pada Senin (11/12/2023).

Menurut Presiden Joko Widodo, di tengah perubahan dunia yang begitu cepat, maka sangat penting bagi dunia pendidikan untuk menyiapkan talenta-talenta masa depan dan kompetensi-kompetensi masa depan yang relevan dengan perkembangan zaman.

"Pendidikan vokasi punya peran yang penting dan relevan," ucap Jokowi.

Presiden Jokowi menilai penyiapan future talent dan penyiapan future skill melalui sektor pendidikan, termasuk pendidikan vokasi sekarang ini jauh lebih konkret.

Tidak hanya lebih konkret, hasilnya juga telah mampu meningkatkan indeks daya saing talenta global Indonesia yang meningkat sangat tinggi.

Oleh karena itu, pada kesempatan tersebut, Presiden sangat senang dan menyambut baik penyelenggaraan Vokasifest dan Festival Kampus Merdeka yang menunjukkan kolaborasi dan kerja sama yang konkret antara perguruan tinggi, sekolah, dan industri yang telah memberikan dampak nyata, sekaligus mendekatkan mahasiswa dan siswa ke dunia kerja.

Dengan demikian, para lulusannya diharapkan semakin relevan dengan kebutuhan zaman.

"Pendidikan harus menyesuaikan dengan kebutuhan masa kini dan masa depan, memecahkan masalah, dan memanfaatkan peluang yang ada dalam dunia yang berubah cepat," kata Jokowi.

Baca juga: Kebijakan MBKM buat Waktu Tunggu Kerja Lulusan Perguruan Tinggi Lebih Cepat

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Makarim mengatakan pendidikan vokasi memiliki dampak tercepat dalam membangun SDM unggul. Anak-anak muda yang keluar dari pendidikan vokasi ini, bilang dia, langsung terjun ke lapangan kerja sehingga dampaknya langsung dapat dirasakan.

Dalam beberapa tahun terakhir, lanjut Nadiem, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbu Ristek) terus melaku transformasi sistem pendidikan, termasuk pendidikan vokasi agar lebih terbuka dan inovatif guna menyiapkan generasi unggul dan inovatif.

Sistem pendidikan yang lebih terbuka juga dilakukan agar pendidikan menjadi lebih terintegrasi dan multidisiplin serta menghadirkan lingkungan yang aman dan nyaman.

Lanjut Nadiem mengatakan, salah satu kunci pendidikan vokasi adalah pembelajar yang terintegrasi dengan industri untuk meningkatkan kualitas lulusan. Menurutnya, saat ini lebih dari 35 persen anak SMK di Indonesia kini sudah masuk SMK Pusat Keunggulan.

"Jumlah tersebut hanya diraih dalam kurun waktu tiga tahun," jelas Nadiem.

Baca juga: Mendikbud Nadiem Sebut Ada 3 Transformasi Pendidikan Tinggi dan Vokasi

Nadiem berjanji program tersebut akan terus ditingkatkan sehingga diharapkan pada 2024 mendatang separuh dari siswa di Indonesia dapat merasakan dampak SMK Pusat Keunggulan dalam mengembangkan talenta mereka dan meningkatkan daya saing Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com