Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketentuan Pilih Prodi D3-S1 di Seleksi Masuk PTN 2024 Jalur SNBP

Kompas.com - 10/12/2023, 19:00 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ketentuan memilih Program Studi (prodi) atau jurusan di Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2024 perlu diketahui siswa SMA, SMK sebelum pendaftaran dibuka. 

Saat ini, pendaftaran SNBP akan dibuka pada 14 Februari 2024. Namun, untuk bisa mengikuti SNBP dan memilih prodi pilihan tidak bisa dilakukan oleh semua siswa.

Perlu diketahui, SNBP yang merupakan jalur non-tes masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ini hanya bisa didaftar oleh siswa eligible.

Baca juga: Ini Syarat, Jadwal, Pilih Prodi, dan Cara Daftar SNBP 2024

Siswa eligible adalah siswa yang lolos pemeringkatan nilai rata-rata mata pelajaran semester 1 sampai dengan semester 5, maupun kriteria lain berupa prestasi akademik, non-akademik, atau lainnya.

Siswa yang dinyatakan eligible bisa mendaftar SNBP dan memilih jurusan atau prodi pilihannya pada jenjang D3, D4, S1. Namun siswa terlebih dahulu wajib registrasi akun Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB).

Ketentuan memilih prodi SNBP 2024

Pada SNBP 2024, siswa hanya bisa memilih dua program studi saja. Prodi ini bisa dipilih antara jenjang D3, D4, atau S1 baik dari PTN akademik, PTN vokasi dan PTN di bawah naungan Kementerian Agama (Kemenag).

Kedua prodi yang dipilih tidak harus dari jenjang yang sama. Siswa bisa menggabungkan dua pilihan jenjang S1 dan vokasi. Misalnya, memilih S1 dengan D3 atau D4. 

Dilansir dari laman SNPMB, ada lima tahap untuk memilih prodi. Berikut caranya:

1. Setiap siswa yang eligible diizinkan memilih Prodi di PTN Akademik, PTN Vokasi, dan/atau PTKIN.

2. Setiap siswa dapat memilih dua program studi dari satu atau dua PTN.

3. Jika memilih dua program studi, maka salah satu prodi harus berada di PTN pada provinsi yang sama dengan SMA/SMK/MA asalnya.

Baca juga: Jadwal Lengkap SNPMB 2024: SNBP dan UTBK SNBT

4. Apabila memilih satu program studi, dapat memilih PTN yang berada di provinsi mana pun.

Daftar program studi dan daya tampung SNBP dapat dilihat pada sub menu PTN SNBP. Namun saat ini atau pada Sabtu (9/12/2023), laman daftar PTN ini belum bisa diakses.

Persyaratan SNBP 2024

Siswa yang berhak mengikuti seleksi selain dinyatakan eligible, adalah siswa yang memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), memiliki prestasi unggul, dan rekam jejak prestasi akademik di PDSS.

Berikut syarat bagi siswa untuk mendaftar SNBP 2024:

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com