Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beda Tahapan Daftar LPDP 2024 dengan LoA atau Tanpa LoA

Kompas.com - 09/12/2023, 12:15 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Beasiswa LPDP 2024 sangat dinanti mahasiswa Indonesia yang ingin kuliah S2-S3 gratis di dalam maupun luar negeri.

Besar kemungkinan beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) ini akan dibuka awal tahun 2024.

Beasiswa LPDP 2024 memberikan banyak benefit. Bahkan uang saku yang masuk dalam benefit beasiswa LPDP cukup besar.

Salah satu syarat mendaftar LPDP 2024 adalah menyertakan Letter of Acceptance (LoA) Unconditional.

LoA Unconditional adalah surat resmi dari perguruan tinggi (official admission) yang menyatakan seseorang telah diterima sebagai mahasiswa di perguruan tinggi tersebut dengan tanpa persyaratan.

Baca juga: Nyaris Putus Sekolah, Angga Lolos Beasiswa LPDP dan Jadi CEO Startup

Kecuali persyaratan sponsor pendanaan, dokumen fisik ijazah, dan transkrip nilai jenjang studi sebelumnya.

Dan persyaratan tambahan yang tidak berisiko mengubah status diterimanya orang tersebut sebagai mahasiswa pada program studi yang dituju.

Namun LoA ini tidak wajib disertakan saat mendaftar LPDP 2024.

Mahasiswa yang mendaftar LPDP dengan LoA atau tanpa LoA akan melalui tahapan seleksi yang berbeda.

Berikut perbedaan skema pendaftaran mahasiswa yang mendaftar dengan LoA atau tanpa LoA. Mahasiswa yang menantikan pembukaan pendaftaran LPDP 2024 wajib memperhatikan informasi ini.

1. Saat mendaftar LPDP 2024 dan mahasiswa sudah punya LoA dari kampus yang sesuai daftar LPDP, maka kamu bisa melewati salah satu tahap seleksi yaitu seleksi bakat skolastik.

Daftar LPDP dengan LoA tahapan seleksi administrasi yang merupakan seleksi kelengkapan dokumen pendaftaran, langsung ke seleksi substansi atau seleksi wawancara.

2. Sedangkan daftar LPDP tanpa LoA setelah seleksi administrasi, mahasiswa harus melewati seleksi bakat skolastik baru kemudian ke seleksi substansi.

Apa itu seleksi bakat skolastik? Seleksi bakat skolastik adalah seleksi kemampuan kognitif dan penalaran.

Baca juga: Deretan Kampus Dalam Negeri Tujuan Beasiswa LPDP, Kuliah S2-S3 Gratis

Diberi waktu 18 bulan mencari LoA

Mahasiswa yang mendaftar LPDP 2024 tanpa LoA dan dinyatakan lolos, sesuai ketentuan, LPDP akan memberi waktu selama 18 (delapan belas) bulan bagi calon penerima beasiswa LPDP 2023 untuk segera mencari LoA.

Sebagai informasi, LoA Unconditional untuk daftar LPDP juga memuat nama lengkap, jenjang studi, program studi, serta durasi studi, lama studi, permulaan studi dan/atau akhir studi.

LoA Unconditional yang diunggah harus memenuhi kriteria sebagai berikut:

  • Perguruan Tinggi dan Program Studi harus sesuai dengan salah satu pilihan pada aplikasi pendaftaran
  • Intake studi harus memenuhi ketentuan yang ditetapkan LPDP terkait waktu perkuliahan paling cepat yang diizinkan
  • Jika intake perkuliahan yang tercantum pada LoA Unconditional yang diunggah tidak sesuai ketentuan maka wajib melampirkan Surat Defer (Penundaan) dari Perguruan Tinggi yang menerbitkan LoA
  • Jika pendaftar mengunggah LoA Unconditional yang tidak sesuai ketentuan LPDP, maka dianggap tidak memenuhi kriteria pendaftaran.

Baca juga: 10 Berkas Penting untuk Daftar Beasiswa LPDP 2024

Demikian informasi mengenai perbedaan tahapan pendaftaran LPDP dengan LoA maupun tanpa LoA. Informasi ini wajib diperhatikan mahasiswa yang berencana mendaftar LPDP 2024 agar bisa mempersiapkan semua persyaratan dengan baik. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com