Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

LPDP 2024 Dibuka Awal Tahun, Simak Dokumen yang Perlu Disiapkan

Kompas.com - 04/12/2023, 11:30 WIB
Theresia Aprilie,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) merupakan beasiswa bagi mahasiswa Indonesia yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi di dalam atau luar negeri.

LPDP menawarkan berbagai jenis beasiswa, seperti beasiswa reguler, afirmasi, targeted, dan kolaborasi. Dari banyaknya jenis ini, pelamar dapat memilih yang sesuai dengan minat dan kualifikasi.

Berdasarkan tanggal pendaftaran beasiswa LPDP tahun 2023, beasiswa LPDP tahap pertama akan dibuka pada bulan Januari hingga Februari.

Baca juga: Syarat dan Ketentuan Beasiswa LPDP Targeted Khusus PNS, TNI, dan Polri

Jika kamu tertarik untuk mendaftar beasiswa LPDP 2024, kamu perlu menyiapkan beberapa dokumen untuk proses pendaftaran. Berikut beberapa dokumen penting yang perlu disiapkan sebelum mendaftar beasiswa LPDP 2024.

1. Sertifikat IELTS

Sertifikat IELTS merupakan salah satu dokumen yang paling penting untuk mendaftar beasiswa LPDP. Walaupun dokumen kemahiran bahasa lain seperti TOEFL iBT dan PTE juga bisa digunakan, tetapi IELTS merupakan dokumen yang bisa kamu gunakan untuk mendaftar berbagai beasiswa lainnya.

Skor IELTS yang disyaratkan dalam setiap jalur beasiswa LPDP berbeda-beda. Namun, rata-rata kamu perlu memiliki sertifikat IELTS yang masih berlaku dengan skor minimal 6,5-7,0. Selengkapnya Cek Minimal Skor TOEFL dan IELTS untuk Daftar Beasiswa LPDP 2024

2. Esai

Esai merupakan sebuah tulisan yang bertujuan untuk meyakinkan pihak pemberi beasiswa bahwa pelamar merupakan kandidat yang mereka cari.

Untuk mendaftar beasiswa LPDP, kamu perlu menulis esai berbahasa Indonesia sepanjang 1500-2000 kata yang berisi pengenalan diri, pengalaman kerja, prestasi, komitmen untuk kembali ke Indonesia, dan rencana kontribusi untuk Indonesia setelah studi.

Baca juga: Tips Menulis Esai LPDP yang Menarik, Persiapan Daftar LPDP 2024

3. Letter of Acceptance (LoA)

LoA merupakan dokumen opsional, tetapi dapat memberi pelamar keuntungan dalam proses seleksi. Jika pelamar memiliki LoA dari universitas yang ada dalam daftar LPDP, pelamar dapat melewati tes kemampuan akademik dan langsung ke tes substansi. Jika pelamar tidak memiliki LoA, harus mengikuti seleksi bakat skolastik terlebih dahulu sebelum masuk seleksi substansi.

Baca juga: 30 Kampus Beasiswa LPDP Tanpa Biaya Pendaftaran, Dapat LoA Gratis

4. Surat rekomendasi

Surat rekomendasi beasiswa merupakan surat resmi yang dikeluarkan oleh seseorang yang memiliki kapabilitas untuk memberi penilaian atau informasi mengenai karakter atau pencapaian pelamar.

Surat ini bisa diberikan oleh guru, peneliti, atasan, dosen, atau relasi akademis terpercaya lainnya. Dalam beasiswa LPDP, surat rekomendasi dapat disampaikan melalui dua cara, yaitu:

Baca juga: 5 Beasiswa Luar Negeri Tanpa Syarat Surat Rekomendasi

  • Surat rekomendasi online form: LPDP akan mengirim email kepada pihak yang akan memberikan rekomendasi untuk mengisi surat rekomendasi yang kemudian akan dikirimkan kembali kepada pihak LPDP.
  • Surat rekomendasi offline form: Disampaikan dengan mengunggah dokumen pada saat aplikasi pendaftaran.

5. Proposal penelitian

Syarat ini hanya diperlukan untuk pelamar gelar doktor atau S3. Pelamar perlu menulis proposal penelitian sepanjang 1.500 - 2.000 kata yang berisi judul penelitian, latar belakang, rumusan masalah, tujuan, kelogisan, metode, manfaat yang diharapkan, dan kesimpulan.

Baca juga: 5 Perbedaan Beasiswa LPDP Reguler dengan PTUD, Pelamar Wajib Tahu

Selain kelima dokumen tersebut, terdapat juga beberapa dokumen pendukung yang harus disiapkan, antara lain:

  • Scan Ijazah dan transkrip nilai
  • Dokumen penyetaraan ijazah dan konversi IPK dari Kemendikbudristek atau Kementerian Agama
  • Surat pernyataan pada aplikasi pendaftaran
  • Surat usulan dari pejabat yang membidangi SDM (untuk pendaftar PNS/TNI/Polri)
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP)

Baca juga: Ini Program Beasiswa LPDP yang Dibuka dan Perkiraan Jadwalnya

Itu dia beberapa dokumen penting yang harus disiapkan sebelum mendaftar beasiswa LPDP. Persiapkan dari sekarang ya!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com