Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Berkas Penting untuk Daftar Beasiswa LPDP 2024

Kompas.com - 04/12/2023, 06:20 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sama seperti pendaftaran beasiswa ke luar negeri lainnya, saat mendaftar beasiswa LPDP 2024 juga ada berkas penting yang harus dikumpulkan mahasiswa..

Beasiswa LPDP 2024 atau Lembaga Pengelola Dana Pendidikan adalah program beasiswa dari Kementerian Keuangan yang memberi kesempatan mahasiswa kuliah S2-S3 gratis di dalam maupun di luar negeri.

Jika mengacu pada pendaftaran beasiswa LPDP 2023, maka pendaftaran beasiswa LPDP 2024 diperkirakan dibuka awal tahun depan.

Agar makin lancar saat proses pendaftaran beasiswa LPDP 2024, ketahui beberapa berkas penting agar lolos beasiswa LPDP 2024.

Baca juga: Deretan Kampus Dalam Negeri Tujuan Beasiswa LPDP, Kuliah S2-S3 Gratis

Berkas penting untuk mendaftar beasiswa LPDP 2024

Dilansir dari laman resmi LPDP dan sumber lain, Minggu (3/12/2023) berikut berkas penting untuk mendaftar beasiswa LPDP 2024 dan tips agar persiapan berkasnya makin lancar:

1. Sertifikat IELTS

Syarat penting mendaftar beasiswa ke luar negeri adalah sertifikat IELTS. Termasuk untuk mendaftar basiswa LPDP 2024 juga wajib melampirkan sertifikat IELTS.

Syarat skor IELTS untuk mendaftar LPDP 2024 berbeda-beda, bergantung pada jalur beasiswa LPDP yang kamu pilih. Rata-rata skor IELTS yang diminta 6.5-7.0.

2. Esai

Saat mendaftar beasiswa LPDP 2024, mahasiswa juga perlu menyiapkan esai yang terdiri dari 1.500 hingga 2.000 kata yang berisi:

  • Komitmen kembali ke Indonesia
  • Rencana kontribusi di Indonesia pasca-studi.

Agar esai yang dibuat makin menarik, harus disertai dengan perkenalan diri, pengalaman pekerjaan sampai pencapaian yang relevan agar esai-mu makin bagus.

3. Surat rekomendasi

Berkas penting lainnya untuk mendaftar beasiswa LPDP 2024 adalah surat rekomendasi. Mahasiswa bisa meminta surat rekomendasi ke tokoh masyarakat akademisi/dosen atau atasan kerja.

Surat rekomendasi bisa disampaikan dengan dua cara:

  • Surat rekomendasi online form: LPDP akan mengirimkan email kepada perekomendasi untuk mengisikan rekomendasi yang dikemudian dikirimkan (submit) kepada LPDP.
  • Surat rekomendasi offline form (unggahan): disampaikan dengan cara mengunggah dokumen pada aplikasi pendaftaran.


Baca juga: Syarat TOEFL LPDP 2024 S2 Dalam Negeri, Siap-siap Daftar

Halaman Berikutnya
Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com