Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tambah 2, UPI YAI Sudah Punya 19 Guru Besar

Kompas.com - 07/12/2023, 19:22 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Persada Indonesia Yayasan Administrasi Indonesia (UPI YAI) mengukuhkan 2 guru besar baru dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang berlangsung pada Kamis (7/12/2023).

Dengan bertambah 2 guru besar baru, maka UPI YAI sudah memiliki 19 profesor. Kedua guru besar baru itu adalah:

1. Prof. A. Kadim dikukuhkan sebagai Guru Besar bidang Ilmu Manajemen Keuangan. Dia jadi Guru Besar ke-18 di UPI YAI atau ke-12 di Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPI YAI.

Baca juga: Unpad Sudah Punya 253 Guru Besar

2. Prof. Dwi Sihono Raharjo dikukuhkan sebagai Guru Besar bidang Ilmu Manajemen. Dia jadi Guru Besar ke-19 di UPI YAI atau ke-13 di Fakultas Ekonomi & Bisnis UPI YAI.

Saat pengukuhan, Prof. A. Kadim menyampaikan orasi ilmiah dengan judul “Meningkatkan Financial Agility Untuk Menunjang Kebutuhan Bisnis Startup Di Era Global”, yang membahas relevansi keuangan dalam mendukung perkembangan bisnis startup di era globalisasi.

Sementara Prof. Dwi Sihono Raharjo menyampaikan orasi ilmiah dengan judul “Sebuah Perspektif: Interaksi Kontinum “Leading – Lagging” Faktor Nonkeuangan dan Keuangan Dalam Menciptakan Nilai Tambah Ekonomi Perusahaan”, yang mendalam pada keterkaitan antara faktor keuangan dan nonkeuangan dalam menciptakan nilai tambah ekonomi perusahaan.

Rektor UPI YAI, Prof. Sri Astuti Indriyati mengungkapkan kebanggaannya terhadap pencapaian kedua guru besar tersebut.

"Bagi seluruh civitas akademika UPI YAI, pengukuhan ini merupakan momentum yang luar biasa dan patut disyukuri karena di tahun 2023 ini, karena UPI YAI berhasil menambah dua orang guru besar baru yang benar-benar expert dalam bidang Ekonomi dan Bisnis," ungkap Prof. Sri dalam keterangan resminya, Kamis (7/12/2023).

Dia meyakini, keduanya akan terus berkontribusi dalam menjalankan tugas mulia sebagai pendidik, melibatkan diri dalam penelitian, dan menghasilkan berbagai karya ilmiah lainnya.

Baca juga: Guru Besar Unesa: Bahasa Indonesia Telah Jadi Bagian Pengambilan Kebijakan di Internasional

Ketua YAI 1972, Prof. Yudi Yulius turut memberikan ucapan selamat kepada kedua guru besar baru.

Selain itu, dia juga menyampaikan harapannya kepada Prof. A. Kadim dan Prof. Dwi Sihono Raharjo, agar terus menghasilkan karya-karya ilmiah yang dapat memberikan manfaat bagi seluruh sivitas akademika dan masyarakat.

Dia pun berharap agar keduanya dapat melanjutkan peran mereka sebagai pembimbing mahasiswa, terutama di Program Magister dan Doktor di UPI YAI, dengan tujuan meningkatkan kualitas UPI YAI secara khusus, dan Lembaga Pendidikan Tinggi YAI secara umum.

Baca juga: UINSI Samarinda Sudah Punya 7 Guru Besar

“Kepada kita semua yang hadir di sini khususnya para dosen, kami harapkan penambahan kedua guru besar akan menjadi sumber inspirasi bagi seluruh dosen untuk terus mengejar keunggulan dalam bidang ilmiah dan menciptakan dampak positif bagi masyarakat dan bangsa,” jelas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com