Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Menggunakan Canva agar CV hingga Presentasi Lebih Menarik

Kompas.com - 04/12/2023, 10:38 WIB
Mahar Prastiwi,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Desain grafis menjadi salah satu kemampuan dasar yang dapat menunjang mahasiswa hingga pekerja saat akan membuat presentasi maupun Curriculum Vitae (CV).

Jadik Wijayanto, staf Perpustakaan Universitas Airlangga (Unair) mengatakan, salah satu aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk desain grafis ialah Canva. Namun, penguasaan desain grafis saat menggunakan Canva tidak hanya tentang teori, melainkan juga praktik.

Guna meningkatkan keterampilan teknis mahasiswa dalam menggunakan Canva, Unair menggelar Reguler Virtual Library Class yang diisi dengan pelatihan menggunakan Canva. Mahasiswa diajak untuk memahami dasar-dasar desain grafis dan cara menggunakannya untuk membuat presentasi atau infografis yang menarik dan informatif.

Baca juga: ISI Yogyakarta Jadi Tuan Rumah Temu Karya Mahasiswa Desain Interior

Jadik berharap, mahasiswa tidak hanya mendapatkan pemahaman konsep, tetapi juga merasakan sendiri proses kreatif dalam menciptakan desain visual yang menarik.

"Dengan pengalaman ini, mahasiswa tidak hanya meningkatkan keterampilan teknis mereka dalam menggunakan Canva, tetapi juga merasakan kegembiraan dan kepuasan dalam mengungkapkan ide secara visual," terang Jadik seperti dikutip dari laman Unair, Senin (4/12/2023).

 

Baca juga: 20 Pekerjaan yang Akan Eksis di Tahun 2027

Tips desain pakai Canva jadi lebih menarik

Jadik memberikan tips dan trik memanfaatkan fitur Canva guna menciptakan desain visual yang menarik perhatian. Salah satunya dengan menggunakan efek.

"Canva adalah alat yang sangat fleksibel dan dapat meningkatkan kreativitas secara signifikan," jelas Jadik.

Menurutnya, salah satu kunci utamanya adalah mengenali fitur-fitur khusus. Seperti efek-efek yang dapat membuat desain lebih dinamis dan eye-catching.

Setelah itu, gunakan warna yang efektif, memilih font yang sesuai, menciptakan tata letak yang menarik, dan keyword untuk icon-icon yang ada dalam aplikasi canva.

Intinya, desain grafis memerlukan eksplorasi dan eksperimen.

Baca juga: 10 Berkas Penting untuk Daftar Beasiswa LPDP 2024

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com