Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gelar "BASE On Talk", Binus Aso dan PT SSE Angkat Tren Inovasi Desain Kendaraan Militer

Kompas.com - 09/09/2023, 17:53 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Binus Aso School of Engineering (BASE) mengadakan "BASE On Talk" bertema “Innovative Technologies in Military Vehicle Product Design” bersama PT Sentra Surya Ekajaya (SSE) pada Sabtu, 9 September 2023 di BASE Alam Sutera Campus.

BASE On Talk sendiri merupakan salah satu acara utama dalam "Gambase", ajang open house tahunan yang diadakan oleh Binus Aso secara gratis untuk masyarakat umum untuk mempelajari semua program studi (prodi) BASE serta karya-karya kreatif para mahasiswanya.

Tema “Innovative Technologies in Military Vehicle Product Design” dipilih sebagai upaya memperkenalkan prodi Product Design Engineering (PDE) terbarunya kepada calon mahasiswa serta orangtua.

Pemilihan topik ini berlandaskan keterkaitan isi pembicaraan dengan garis besar kurikulum yang dipelajari prodi PDE yakni; cara mendesain prototipe produk berdasarkan kebutuhan pengguna, memilih material paling pas, dan merancang produk dengan teknologi terkini.

Dengan demikian, para peserta "Gambase" bisa memperoleh gambaran yang lebih jelas tentang kehidupan sebagai mahasiswa prodi Product Design Engineering Binus ASO.

Dalam BASE On Talk 2023, Binus ASO School of Engineering menggandeng PT Sentra Surya Ekajaya mengadakan gelar wicara komprehensif tentang teknologi dan tren terkini dalam bidang desain produk kendaraan militer.

Angkat tren teknologi kendaraan militer

Pada sesi, Direktur Teknologi PT SSE Yusuf Nurdin Wartadinata membahas teknologi yang digunakan dalam setiap produk keluaran PT SSE serta perbedaan dibandingkan teknologi kendaraan militer pada umumnya.

Yusuf Nurdin Wartadinata juga memperkenalkan inovasi-inovasi dari PT SSE serta menjelaskan tren penting dalam dunia desain kendaraan bidang militer.

“Saya merasa terhormat bisa sharing inovasi dari PT SSE dan ilmu baru ke berbagai kalangan. Tidak hanya key figures industri, tapi juga mahasiswa, adik-adik yang akan berkuliah, dan masyarakat awam," ungkap Yusuf Nurdin Wartadinata.

"Semoga apa yang disampaikan di sini bisa membangun ketertarikan mereka dalam bidang product design dan manfaat dari kendaraan militer,” harap Yusuf.

Dalam kesempatan sama, Head of Product Design Engineering Program Binus ASO Yosica Mariana berharap akan semakin banyak orang tertarik dengan prospek bidang desain produk dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

Hal tersebut juga berlaku untuk bidang kendaraan militer yang memiliki peranan penting dalam keamanan nasional.

Baca juga: Pemkot Tangsel Gelar Sayembara Desain Batik, Total Hadiah Capai Rp 22,5 Juta

“Militer memang penting untuk perlindungan negara, tapi tidak bisa disangkal, ada potensi korban jiwanya. Makanya, kita ingin menekan angkanya sebisa mungkin dengan teknologi, salah satunya dari desain produk," jelas Yosica Mariana.

"Semoga kita bisa bersama-sama melihat bagaimana desainnya akan semakin aman dan mudah digunakan,” harap Yosica.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com