Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Menulis Curriculum Vitae ATS "Friendly" ala Psikolog UGM

Kompas.com - 28/11/2023, 18:53 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Fresh graduate atau lulusan baru yang sedang mencari pekerjaan, wajib membuat Curriculum Vitae (CV) terbaik agar dilirik perusahaan.

CV menarik tentunya diisi dengan berbagai pengalaman maupun berorganisasi selama kuliah.

Namun selain itu, fresh graduate juga perlu tahu bahwa saat ini perusahaan telah memanfaatkan sebuah sistem yang disebut Applicant Tracking System (ATS) untuk membantu para rekruter menemukan CV terbaik.

Terkait hal tersebut tentunnya sangat diperlukan pengetahuan yang cukup bagi para lulusan untuk dapat menulis CV ATS friendly sebagai salah satu bekal mempersiapkan karier.

Baca juga: Cek Cara Membuat CV untuk Beasiswa

Tips membuat CV ATS friendly 

Psikolog, Ketua Career Center Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada (UGM) Ardian Rahman Afandi menjelaskan, struktur penulisan CV memiliki beberapa poin utama, antara lain:

  • Informasi data diri
  • Ringkasan tentang diri
  • Informasi pendidikan yang dimulai dari pendidikan terakhir
  • Pengalaman kerja atau organisasi
  • Kemampuan atau keahlian
  • Sertifikat keahlian.

Dengan banyaknya informasi yang perlu dicantumkan maka bagi para lulusan perlu untuk membatasi jumlah halaman CV dan maksimal 2 halaman.

Dalam kesempatan ini, Ardian menyampaikan tips and trick penulisan CV ATS friendly.

Baca juga: 4 Cara Membuat CV yang Menarik agar Dilirik HRD

Pedoman membuat CV ATS friendly

Penulisan CV ATS-friendly meliputi perlunya mencantumkan action verb, task or project, dan metric or results untuk menjabarkan secara detail pengalaman yang dimiliki, serta hasil yang dicapai.

"Ada beberapa action verb yang perlu disesuaikan. Salah satu contohnya seperti kata help, bisa diganti dengan kata yang levelnya lebih tinggi seperti assist. Kata-kata kunci ini akan membantu rekruter mengenali seberapa jauh pengalaman teman-teman," terang Ardian seperti dikutip dari laman UGM, Selasa (28/11/2023).

Ia pun menambahkan 5 pedoman utama dalam menulis CV ATS friendly, yaitu:

1. Clear.

2. Concise (ringkas).

3. Complete (lengkap).

4. Consistent.

5. Current.

Baca juga: Peneliti UGM: Bakteri Wolbachia Tak Masuk ke Tubuh Manusia

Ardian menegaskan tidak hanya CV yang dibutuhkan untuk persiapan karier, namun juga soal media sosial yang perlu dikelola sebaik mungkin untuk menciptakan kesan positif.

"Teman-teman pasti memiliki banyak media sosial, utamanya Instagram. Sudah saatnya teman-teman mulai mempersiapkan karier dan kerja, sudah memilih untuk mendaftar, maka kiranya Instagram perlu dikelola sebaik-baiknya karena para rekruter juga akan mengamati kepribadian diri teman-teman dari media sosial," tutup dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com