Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Cara Membuat CV yang Menarik agar Dilirik HRD

Kompas.com - 15/10/2023, 18:43 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Saat melamar pekerjaan, Curriculum Vitae (CV) yang menarik menjadi salah satu hal penting yang akan diperhatikan bagian HRD.

Menarik dalam hal ini tak hanya sekadar desain atau font yang digunakan, tetapi juga isi dan pengalaman hingga keterampilan yang kamu sampaikan di CV tersebut.

CV berisi informasi identitas pribadi, daftar pencapaian, pengalaman yang relevan, kompetensi, dan deskripsi diri lainnya.

Sebelum tahu cara membuat CV yang menarik, ketahui dulu apa penjelasan dari CV. Curriculum Vitae atau CV adalah dokumen yang menggambarkan dirimu secara tertulis.

Baca juga: 6 Universitas Terbaik di Jawa Timur Versi THE WUR 2024

Semua ini bertujuan untuk menunjukkan kualifikasi dan kemampuan yang kamu miliki ke rekruter atau perusahaan yang dituju.

Lewat CV itulah para HRD atau rekruter bisa mengetahui keterampilan hingga kemampuan yang kamu miliki sebelum akhirnya memutuskan apakah kamu memenuhi kriteria atau tidak.

Sehingga membuat CV yang menarik sangat penting. CV menggambarkan semua kelebihan dan nilai yang kamu miliki.

Lantas bagaimana cara membuat CV yang membuat HRD tertarik? Dilansir dari laman Telkom University, Minggu (15/10/2023) membagikan tips membuat CV yang bakal membuat HRD tertarik.

Cara membuat CV yang menarik agar dilirik HRD

1. Ringkas tapi memikat

Lulusan baru atau fresh graduate yang tengah mencari pekerjaan, harus pandai-pandai dalam membuat CV yang ringkas tapi tetap memikat mata HRD.

Biasanya HRD hanya mengecek CV tiap orang hanya dalam waktu sebentar. Kamu harus bisa selektif dalam menampilkan informasi di dalamnya, jangan sampai lebih dari dua halaman.

Kamu juga perlu tahu apa aja yang harus kita selipkan dalam CV. Fresh graduate bisa memulainya dengan menulis tentang deskripsi diri sendiri, informasi kontak, riwayat pendidikan, pengalaman (baik itu di organisasi, proyek, pekerjaan, atau magang), prestasi, plus soft skill dan hard skill yang kamu punya).

Baca juga: Syarat Nilai Rapor dan Skor IQ untuk Daftar SMA Taruna Nusantara

2. Personal branding

Saat membuat CV, kamu juga bisa membuat personal branding makin bagus dengan bagian informasi kontak dan deskripsi diri.

Di bagian informasi kontak, bisa kamu menambahkan akun sosial media kayak Instagram dan LinkedIn. Hal ini berguna untuk membantu memperkuat personal branding-mu lewat postingan dan pencapaian yang kamu bagikan di sana.

Pastikan juga isi konten di media sosial punya nilai tambah, kayak hobi yang produktif, prestasi lomba, karya-karya yang pernah kamu buat, dan masih banyak lagi. Dengan begitu, informasi kontakmu bukan hanya jadi alat komunikasi, tapi juga jadi alat untuk memperkuat citra dan personal branding.

Di bagian deskripsi diri, kamu bisa mencoba format yang bermanfaat. Yakni background (latar belakang), experience (pengalaman), interest (ketertarikan), dan strength (kekuatan) dalam satu paragraf.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com