Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Fachriza, Lulusan Terbaik Teknik Kimia ITB Raih IPK 3,99

Kompas.com - 27/11/2023, 15:30 WIB
Carissa Juwita,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Institut Teknologi Bandung telah menggelar wisuda pertama tahun akademik 2023/2024 di Auditorium Sasana Budaya Ganesha (Sabuga) pada (28/10/2023).

Pada wisuda kali ini, salah satu momen penting yang paling ditunggu adalah pengumuman wisudawan dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi.

Prof. Dr. Ir. Jaka Sembiring, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan mengatakan bahwa wisudawan bernama Fachriza Andhika Putra dari program studi Teknik Kimia meraih IPK tertinggi yakni 3,99.

Fachriza mengatakan bahwa ia motivasinya untuk mengejar pendidikan sangat dipengaruhi oleh teman-teman dan lingkungan yang ada disekitarnya.

Baca juga: Cara Natasya Raih IPK 4: Kuliah Bukan soal Pintar yang Penting Rajin

“Motivasi untuk menjalani kuliah datang dari teman, mencari teman yang ternyata mengalami penderitaan yang sama ketika berkuliah membuat kita sadar bahwa semua itu normal,” kata Fachriza.

Ia juga berpendapat bahwa selama menjalani perkuliahan, mengalami stres dan begadang untuk belajar menjadi salah satu hal yang sangat normal terjadi di kalangan mahasiswa.

“Selain belajar, mahasiswa juga perlu untuk aktif dalam organisasi kemahasiswaan (UKM), karena dapat menjadi pengalaman penting selama berkuliah” kata Fachriza.

Baca juga: Wisuda 1.084 Mahasiswa, Rektor ITL Trisakti: Lulusan Harus Siap Hadapi Dunia Kerja

Perjalanan kuliah yang ia alami juga tidak mulus, apalagi saat terjadi pandemi covid-19 yang mewajibkan perkuliahan secara online. Tantangan tersebut dapat ia lewati dengan baik dan tidak menyangka dinobatkan sebagai peraih IPK tertinggi yakni 3,99 karena tidak mengetahui hal tersebut sebelumnya. Ia juga merasa sudah bangga lulus dari ITB.

“Overall merasa bangga karena dari awal masuk sebenarnya targetnya untuk bisa lulus sudah cukup,” katanya.

Ia memberikan pesan kepada mahasiswa lainnya untuk tetap semangat dan menjalani perkuliahan dengan sebaik mungkin.

“Manfaatkan masa kuliah sebaik mungkin, cari values, cari ilmu, jati diri, relasi selama kuliah karena semua itu penting,” katanya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com