Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nadiem Perkirakan 1 Juta Guru Honorer Diangkat Jadi PPPK hingga 2024

Kompas.com - 25/11/2023, 18:35 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek), Nadiem Makarim memperkirakan satu juta guru honorer akan diangkat menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) hingga 2024.

"Saat ini sudah lebih dari 500.000 sampai 600.000 guru honorer diangkat menjadi ASN PPPK," kata Nadiem dalam acara Hari Guru Nasional 2023 di Indonesia Arena GBK, Sabtu (25/11/2023).

Baca juga: Hari Guru Nasional 2023, Nadiem Ingin Guru Lanjutkan Merdeka Belajar

Nadiem meyakini ibu dan bapak guru honorer ingin lebih banyak lagi diangkat menjadi ASN PPPK.

"Pengangkatan ASN PPPK menjadi salah satu program yang didorong Presiden Jokowi untuk memastikan kesejahteraan guru di seluruh Indonesia terjamin," jelas dia.

Saat ini rekrutmen jadi ASN telah dilakukan lebih dari satu kali dalam setahun. Baik untuk perekrutan guru Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Hal itu diatur lewat UU nomor 20 tahun 2023 tentang ASN. UU tersebut menggantikan UU sebelumnya yakni UU nomor 5 tahun 2014.

Tambahan 296.000 Guru PPPK akhir 2023

Dirjen GTK Kemendikbud Ristek Nunuk Suryani pernah menyatakan, pemerintah saat ini tengah berupaya agar seluruh rombongan belajar dan mata pelajaran di sekolah negeri disokong oleh guru ASN.

"Target rekrutmen guru ASN PPPK dari tahun 2020 adalah 1 juta guru, dan diharapkan hingga nanti 2024, 1 juta guru honorer itu dapat terangkat (menjadi ASN) semua," kata dia belum lama ini.

Baca juga: Hari Guru Nasional, Pakar Unair: Masih Banyak Guru yang Tak Sejahtera

Nunuk menjelaskan, guru honorer yang telah diangkat menjadi guru ASN PPPK sejak tahun 2021 berjumlah 544.000 orang. Pada tahun 2023 masih berlangsung proses seleksi guru ASN PPPK, sehingga nantinya akan ada tambahan sebanyak 296.000 orang guru ASN PPPK baru.

"Dengan demikian, jumlah guru yang diangkat menjadi ASN PPPK nanti sudah mencapai lebih dari 800 ribu orang," ungkap dia.

Dirjen GTK menjelaskan, Kemendikbud Ristek memiliki visi untuk menjadikan guru sebagai profesi terhormat, bermartabat, dan membanggakan.

Baca juga: Hari Guru Nasional 2023, Mendikbud: Ada Beberapa Pencapaian Selama 4 Tahun Terakhir

"Untuk mewujudkannya, kami melakukan berbagai upaya seperti koordinasi dengan berbagai kementerian dan lembaga lain yang masuk ke dalam panitia seleksi nasional (panselnas) untuk merumuskan kebijakan seleksi guru ASN PPPK setiap tahun," jelas Nunuk.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com