Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Akselerasi Transformasi Pembelajaran di Indonesia, Kemendikbud Ristek Perluas Survei Lingkungan Belajar pada PAUD

Kompas.com - 20/11/2023, 10:52 WIB
F Azzahra,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) mendorong transformasi pembelajaran di seluruh jenjang pendidikan. Hal ini salah satunya dilakukan dengan memperluas keikutsertaan satuan pendidikan pada pendidikan anak usia dini (PAUD) dalam Asesmen Nasional (AN) 2023.

Kepala Badan Standar Kurikulum dan Asasmen Pendidikan (BSKAP) Anindito Aditomo mengatakan, pada 2023, PAUD pertama kali masuk ke dalam sampel AN secara luas melalui pelaksanaan survei lingkungan belajar (Sulingjar).

"Sekarang Sulingjar diperluas pada jenjang PAUD. Di setiap daerah, terdapat sampel satuan PAUD yang mengisi survei tersebut. Hal ini guna memantau pembelajaran dan kualitas pendidikan PAUD di seluruh Indonesia," kata Anindito dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Senin (20/11/2023).

Anindito menyampaikan, pelaksanaan Sulingjar pada jenjang PAUD di tahun 2022 masih terbatas, sehingga data potret pembelajaran dan kualitas pendidikan PAUD dalam rapor pendidikan masih belum lengkap.

Baca juga: Rektor Untar Terima Penghargaan Academic Leader Award 2023 dari Kemendikbudristek

Lebih lanjut, Anindito mengatakan bahwa pelaksanaan AN 2023 berjalan dengan lancar. Peningkatan partisipasi peserta AN mencapai 7 juta siswa dari berbagai jenjang, yakni 5 sekolah dasar (SD), 9 sekolah menengah pertama (SMP), dan 11 sekolah menengah atas (SMA).

"Terima kasih kepada guru, kepala sekolah, dan Pemerintah Daerah (Pemda), khususnya Dinas Pendidikan yang telah melaksanakan AN 2023," ujar Anindito.

Sebagai informasi, AN merupakan paket kebijakan yang pertama kali di umumkan oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim sebagai episode pertama dari program Merdeka Belajar yang dilaksanakan pada akhir 2019.

AN berperan penting dalam mendefinisikan dan mengukur pencapaian dalam proses transformasi pembelajaran di suatu jenjang pendidikan.

Baca juga: Optimalkan Digitalisasi Pembelajaran, Bupati HST Terima Anugerah Kihajar 2023 dari Kemendikbudristek

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com