Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Memantik Kolaborasi dan Inovasi, Kemendikbudristek Gelar Karya Proyek Sosial Siswa BIM Angkatan III

Kompas.com - 02/11/2023, 17:00 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) mengadakan Gelar Karya Beasiswa Indonesia Maju (BIM) 2023.

Kegiatan dilangsungkan secara hibrida pada 1-2 November 2023 di Gedung A, Lantai 1, Kantor Kemendikbudristek, Senayan, Jakarta.

Dalam Gelar Karya BIM, sebanyak 348 peserta BIM Program Persiapan Sarjana Luar Negeri Angkatan III yang terbagi menjadi 145 kelompok proyek sosial akan memamerkan ide proyek sosial mereka kepada publik dan mitra sekaligus membangun ruang kolaborasi sesama peserta.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim, dalam sambutannya mengatakan bahwa Gelar Karya BIM diselenggarakan untuk mempersiapkan pelajar untuk menempuh pendidikan ke perguruan tinggi berkualitas di mancanegara.

“Melalui Gelar Karya BIM akan membuka ruang bagi peserta untuk mempresentasikan proyek sosialnya serta diharapkan memberikan dampak bagi masyarakat luas,” jelasnya saat membuka Gelar Karya BIM secara daring, pada Rabu (1/11).

“Apresiasi setinggi-tingginya saya sampaikan kepada adik-adik atas kerja keras dan kreativitasnya dalam merancang proyek sosialnya. Karya adik-adik membuat optimis bahwa generasi muda Indonesia siap membawa bangsa dan negara melompat ke masa depan dengan prestasi dan inovasi yang luar biasa,” lanjut Menteri Nadiem.

Selanjutnya, Staf Ahli Mendikbudristek Bidang Manajemen Talenta, Tatang Muttaqin, menyampaikan bahwa BIM merupakan landasan penting dalam mendukung Manajemen Talenta dalam mendukung prestasi peserta didik.

“Dengan memberikan akses pendidikan yang baik, ini membuka pintu bagi peserta didik untuk mengeksplorasi bakat dan minat mereka. Gelar Karya BIM ini memberikan ruang untuk bereksplorasi kepada peserta BIM Program Persiapan Sarjana Luar Negeri,” terang Tatang.

Baca juga: Beasiswa BIM Persiapan S1 Dibuka Oktober 2023 bagi Siswa SMA, MA, dan SMK

Program pengayaan non-akademik BIM

Pada kesempatan yang sama, Pelaksana tugas (Plt.) Kepala Pusat Prestasi Nasional, Kemendikbudristek, Hendarman, mengungkapkan bahwa Gelar Karya BIM merupakan bagian dari implementasi proyek sosial sebagai salah satu program pengayaan non akademik BIM Program Persiapan Sarjana Luar Negeri Angkatan III.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com