Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahapan Seleksi Beasiswa Indonesia Maju 2023, Ada Identifikasi Talenta

Kompas.com - 11/10/2023, 18:30 WIB
Mahar Prastiwi,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pendaftaran Beasiswa Indonesia Maju (BIM) Program Persiapan S1 Luar Negeri Angkatan 4 (reguler) masih dibuka hingga 6 November 2023 mendatang.

Beasiswa Indonesia Maju merupakan beasiswa yang terbuka bagi peserta didik kelas XI semester 1 tahun pelajaran 2023/2024 di jenjang SMA/SMK/MA sederajat yang berprestasi di tingkat nasional dan atau internasional pada ajang olimpiade, lomba, kompetisi, festival di bidang riset dan inovasi, seni budaya hingga olahraga.

Baca juga: Beasiswa S2-S3 Perancis Tanpa Wawancara, Uang Saku hingga Rp 27 Juta

Saat mendaftar Beasiswa Indonesia Maju Program Persiapan S1 Luar Negeri Angkatan 4, ada sejumlah tahapan yang harus dilalui siswa.

Dilansir dari laman BIM Pusat Prestasi Nasional Kemdikbud, Rabu (11/10/2023), Puspresnas melakukan identifikasi dan seleksi peserta didik kelas XI dengan prestasi tingkat nasional dan atau internasional di bidang sains, riset, teknologi, inovasi, seni, bahasa dan literasi, vokasi dan kewirausahaan, olahraga dan kesehatan jasmani. Tahapan ini dilakukan pada kelas XI semester 1. Prestasi peserta didik dapat berasal dari tiga kategori, yakni:

  • Ajang Puspresnas
  • Ajang non-Puspresnas
  • Non-ajang (contohnya, rekor MURI, perintis startup).

Baca juga: Dokumen Wajib untuk Daftar Beasiswa Indonesia Maju Persiapan S1 Luar Negeri

Tahapan Beasiswa Indonesia Maju

Setelah tahapan Identifikasi Talenta, siswa yang berhasil lolos Beasiswa Indonesia Maju Persiapan S1 Luar Negeri akan mengikuti tahapan Enrichment Programs dan College Counselling.

Pada tahapan ini, peserta akan dibimbing secara end-to-end dalam proses persiapan dan pendaftaran S1 ke luar negeri. Program pengayaan yang akan diikuti meliputi:

  • Kursus TOEFL/IELTS dan 1 kali tes resmi
  • Kursus SAT/ACT dan 1 kali tes resmi
  • Pengayaan non-akademik (seperti proyek sosial, magang, summer course dan lain-lain).

Serta program konseling pendidikan tinggi, seperti seri webinar pengantar, bimbingan intensif dalam pemilihan perguruan tinggi/program studi, penulisan esai, persiapan wawancara dan lain-lain. Tahapan ini dilaksanakan pada kelas XI semester 2 hingga kelas XII semester 1.

Tahapan selanjutnya adalah seleksi penerima beasiswa S1 luar negeri. Perlu diketahui, siswa yang lolos Beasiswa Indonesia Maju Program Persiapan S1 Luar Negeri angkatan 4 ini tidak serta merta mendapatkan beasiswa S1 ke luar negeri.

Alumni Beasiswa Indonesia Maju Program Persiapan S1 Luar Negeri angkatan 4 tidak otomatis mendapatkan Beasiswa Indonesia Maju bergelar S1 luar negeri.

Siswa yang berhasil mendapatkan LoA dari perguruan tinggi luar negeri tujuan program otomatis mengikuti seleksi untuk Beasiswa Indonesia Maju S1 luar negeri pada akhir kegiatan.

Beasiswa Indonesia Maju S1 Luar Negeri mencakup biaya pendidikan serta biaya pendukung selama maksimal 4 tahun.

Setelah lulus, alumni Beasiswa Indonesia Maju wajib mengabdi untuk Indonesia sesuai peraturan yang berlaku. Tahapan ini akan dilaksanakan pada kelas XII semester 2.

Baca juga: Cek Batas Usia Daftar SMA Taruna Nusantara dan Syarat Lainnya

Jadwal pendaftaran Beasiswa Indonesia Maju Persiapan S1

Linimasa pendaftaran dan seleksi Beasiswa Indonesia Maju Program Persiapan S1 Luar Negeri adalah sebagai berikut:

1. Sosialisasi Pendaftaran BIM Program Persiapan Sarjana Luar Negeri Angkatan 4 dan Kurasi: 9 Oktober 2023

2. Pembukaan Pendaftaran BIM Program Persiapan Sarjana Luar Negeri Angkatan 4: 10 Oktober 2023

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com