Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beasiswa Indonesia Maju Membiayai Apa Saja? Ini Penjelasannya

Kompas.com - 08/10/2023, 09:12 WIB
Mahar Prastiwi,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Beasiswa Indonesia Maju (BIM) membiayai apa saja? Pertanyaan ini tentu ada di benak para siswa yang berencana mendaftar Beasiswa Indonesia Maju Persiapan S1 Luar Negeri yang akan dibuka Oktober 2023 ini.

Beasiswa Indonesia Maju (BIM) Program Persiapan S1 Luar Negeri adalah program beasiswa berbentuk program pembinaan yang diberikan guna mempersiapkan peserta didik untuk memperoleh kesempatan pendidikan S1 di luar negeri.

Dilansir dari laman resmi bim-pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id, Sabtu (7/10/2023) berikut penjelasan mengenai apa saja pembiayaan yang diberikan Beasiswa Indonesia Maju khususnya dalam Program Persiapan S1 Luar Negeri.

Baca juga: Kriteria Siswa yang Bisa Daftar Beasiswa Indonesia Maju Angkatan 4

Fasilitas yang diberikan Beasiswa Indonesia Maju Persiapan S1 

Fasilitas yang diberikan Beasiswa Indonesia Maju (BIM) Program Persiapan S1 Luar Negeri antara lain:

1. Kursus dan tes SAT / ACT

Ujian SAT atau singkatan dari Scholastic Aptitude Test merupakan salah satu ujian penting universitas di Amerika Serikat dan negara lain, sebagai persyaratan masuk kuliah.

Sedangkan ACT (The American College Test) merupakan tes standarisasi yang digunakan sebagai syarat masuk perguruan tinggi di Amerika Serikat untuk jenjang sarjana.

2. Kursus dan tes TOEFL iBT/IELTS dan sejenisnya

TOEFL adalah ujian kemampuan berbahasa Inggris yang diperlukan untuk mendaftar masuk ke universitas di Amerika Serikat atau negara-negara lain di dunia.

Sedangkan, International English Language Testing System (IELTS) adalah sistem tes Bahasa Inggris internasional yang terpopuler di dunia untuk keperluan studi, bekerja dan imigrasi.


Baca juga: Cerita Alumnus SMA Taruna Nusantara Raih Beasiswa Indonesia Maju

3. Program pengayaan non-akademik

Program pengayaan yang bertujuan untuk meningkatkan portofolio peserta didik melalui kegiatan berbasis minat, bakat, dan kepemimpinan seperti proyek sosial, magang, summer course dan lain-lain. 

4. Kursus pengayaan akademik lainnya

5. Layanan college counselling

Fasilitas ini merupakan bimbingan intensif dalam pemilihan perguruan tinggi/program studi, penulisan esai, persiapan wawancara dan lain-lain.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com