Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tambah 13, Unri Sudah Punya 107 Guru Besar

Kompas.com - 09/11/2023, 07:56 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Univeritas Riau (Unri) kembali mengukuhkan 13 guru besar baru di usianya yang ke-61 tahun di Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa Unri, Kampus Pattimura Gobah, pada Rabu (1/11/2023).

Mereka guru besar yang dikukuhkan adalah:

  • Prof. Vince Ratnawati dikukuhan jadi Guru Besar bidang Ilmu Akuntansi pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis.
  • Prof. Awaludin Martin dikukuhkan jadi Guru Besar bidang Ilmu Konversi dan Konservasi Energi pada Fakultas Teknik.
  • Prof. Zaili Rusli dikukuhkan jadi Guru Besar bidang Ilmu Administrasi Pembangunan pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.
  • Prof. Saberina Hasibuan dikukuhkan jadi Guru Besar bidang Ilmu Budidaya Perairan pada Fakultas Perikanan dan Kelautan.
  • Prof. Minarni dikukuhkan jadi Guru Besar bidang Ilmu Fotonik dan Plasma pada Fakultas Matematika dan Pengetahuan Alam.
  • Prof. Nery Sofiyanti dikukuhkan jadi Guru Besar bidang Ilmu Biodiversitas Tumbuhan pada Fakultas Matematika dan Pengetahuan Alam.
  • Prof. Rahmi dikukuhkan jadi Guru Besar bidang Ilmu Fisika Material pada Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.
  • Prof. Arman Effendi dikukuhkan jadi Guru Besar bidang Ilmu Agronomi pada Fakultas Pertanian.
  • Prof. Evy Rossi dikukuhkan jadi Guru Besar bidang Ilmu Pangan Fungional pada Fakultas Pertanian.
  • Prof. Neni Hermita dikukuhkan jadi Guru Besar bidang Ilmu Pendidikan Guru Sekolah Dasar pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
  • Prof. Indah Tri Purwanti dikukuhkan jadi Guru Besar bidang Ilmu Applied Linguistics pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
  • Prof. Zulirfan dikukuhkan jadi Guru Besar bidang Ilmu Inkuiri dalam Pengajaran Fisika Pendidikan Sains pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
  • Prof. Sumarno dikukuhkan jadi Guru Besar bidang Ilmu Pendidikan Ekonomi pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Baca juga: Kukuhkan 3, Unesa Telah Miliki 168 Guru Besar

Rektor Unri, Prof. Sri Indarti mengatakan, dengan dikukuhkannya 13 orang tersebut, Unri telah memiliki guru besar aktif sebanyak 107 orang.

Dengan rincian, 24 guru besar pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 7 guru besar pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 14 guru besar pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis, dan 21 guru besar pada Fakultas Perikanan dan Kelautan.

Lalu, 7 guru besar pada Fakultas Pertanian, 15 guru besar pada Fakultas Teknik, 18 guru besar pada Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, dan 1 guru besar pada Fakultas Kedokteran.

Dia memberikan selamat atas diembannya amanah sebagai guru besar di Unri.

"Selamat untuk gelar yang diemban sebagai guru besar. Semoga dengan gelar guru besar ini dapat berkontribusi dan bersinergi bersama dalam penguatan reputasi akademik Unri, baik ditingkat Nasional maupun Internasional," ungkap Prof. Sri Indarti dilansir dari laman Unri, Kamis (9/11/2023).

Di 2023, sebut dia, Unri telah mengukuhkan sebanyak 24 guru besar. Pada pengukuhan guru besar periode November ini merupakan pengukuhan yang ke-3 kalinya yang dilaksanakan oleh Unri.

Baca juga: Meski Pernah Gagal dan Disabilitas, Hasbi Diterima Kuliah di Unpad

Sebelumnya, Unri telah mengukuhkan sebanyak 2 guru besar pada Maret 2023 dan 9 guru besar dikukuhkan pada periode Juli 2023.

Dia menegaskan, dengan penambahan jumlah guru besar merupakan bagian dari 10 program strategis Unri.

Di antaranya produktivitas riset dan inovatif berbasis keunggulan lokal dengan publikasi bereputasi internasional, serta peningkatan akreditasi internasional bagi program studi yang strategis.

Baca juga: UII Telah Punya 38 Guru Besar

Dia berharap, dengan bertambahnya guru besar, maka Unri dapat semakin maju dan sivitas akademika dapat saling bersinergi, serta berkolaborasi untuk mencapai visi Unri menjadi universitas riset unggul bermartabat di bidang Sains dan Teknologi di kawasan Asia Tenggara tahun 2035.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com