Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gelar Pameran di Turki, PPI Istanbul Kenalkan Seni Budaya Indonesia

Kompas.com - 04/11/2023, 10:21 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Mengenalkan seni dan budaya bisa dilakukan di mana saja. Seperti mahasiswa asal Indonesia yang tergabung dalam Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Istanbul.

PPI Istanbul menyelenggarakan pemeran seni dan budaya Indonesia bernama Garuda di Bilim ve Insan Vakfi Turki pada akhir Oktober 2023.

Menurut Ketua PPI Istanbul, Said Ramadhan, kegiatan yang bertemakan "The Arts of Indonesia" dinamakan Garuda yang merupakan singkatan dari Great in Diversity Indonesia.

Garuda ini juga memiliki filosofi keindahan serta pondasi dari keberagaman Indonesia yang disatukan.

Baca juga: PPI UK Gelar Konferensi, Wadah Gagasan Pelajar untuk Bangun Indonesia

Terselenggaranya kegiatan ini juga tidak luput dari kerjasama beberapa organisasi WNI dan Internasional seperti Indonesia National Youth Council (NYC Indonesia), Bab-i Alem dan Bilim ve Insan Vakfi.

Dalam pelaksanaannya, event Garuda dilaksanakan dalam bentuk pameran seni atau Art Gallery dengan berbagai bentuk seni visual tradisional dan kontemporer Indonesia.

Tentunya untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang nilai budaya Indonesia.

"Terdapat 22 karya seni yang datang dari berbagai kota seperti sakarya, bandirma, kirklareli, konya, lsparta, istanbul, bursa, kocaeli yang merupakan hasil karya pelajar Indonesia di Turki," terangnya, dalam keterangan tertulisnya, Jumat (3/11/2023).

Dikatakan, Indonesia merupakan negara yang kaya akan kebudayaan terutama dalam bidang seni dan budaya.

Baca juga: Diaspora di Turki Promosikan Budaya hingga Produk UMKM Indonesia

Dalam hal ini, PPI Istanbul bergerak menginisiasi sebuah inovasi pertunjukan dalam bentuk pameran seni art gallery yang bertujuan sebagai representatif dari keberagaman seni dan kebudayaan Indonesia.

"PPI Istanbul selaku perwakilan mahasiswa Indonesia di Istanbul, berperan penting untuk mengenalkan serta mempromosikan kekayaan budaya Indonesia agar budaya yang kita miliki dikenal luas oleh masyarakat mancanegara khususnya masyarakat di Istanbul, Turki," Said Ramadhan.

Selain itu, sebagai penerus bangsa, pihaknya dapat juga menjalankan peran untuk melestarikan budaya Indonesia agar budaya Indonesia tetap lestari.

Dalam kesempatannya, Ketua Pelaksana Garuda, Siti Faizah Herman menyampaikan bahwa kegiatan ini sebagai wadah pelajar untuk bisa mengembangkan potensi bakatnya dan sekaligus mengenalkan budaya Indonesia ke kancah global.

"Dalam perhelatan Garuda ini, kami ingin menciptakan sebuah wadah atau platform bagi para pelajar di Turki untuk bisa menunjukkan bakatnya di bidang seni dan budaya," kata dia.

Tentu sekaligus memperkenalkan dan menyebarkan wawasan tentang Indonesia kepada teman-teman internasional, khususnya masyarakat Turki.

Tidak sedikit dari masyarakat internasional yang menikmati pameran seni budaya yang disajikan oleh PPI Istanbul.

Baca juga: PPI Bursa Gelar Budaya di Turki, Ditampilkan Tokoh Mitologi Indonesia

Pengunjung sangat kagum dengan beragam seni dan budaya dari Indonesia. Seperti gamelan atau pakaian tradisional dengan ragam corak, warna yang unik dan khas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com