Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/11/2023, 14:30 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Prof. Muryanto Amin kembali mengukuhkan lima guru besar tetap di Gelanggang Mahasiswa USU, pada Rabu (1/11/2023).

Kelima guru besar yang dikukuhkan adalah:

  • Prof. Andriayani dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Prof. Etti Sartina Siregar dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Prof. Syahril Efendi dari Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi
  • Prof. Yunita Sari Pane Fakultas Kedokteran
  • Prof. Rina Amelia dari Fakultas Kedokteran.

Baca juga: ITS Kukuhkan 27 Guru Besar Baru, 11 di Antaranya Perempuan

Dengan bertambah lima, maka USU telah memiliki 150 guru besar aktif. Dalam waktu dekat juga akan ada 21 guru besar yang telah menerima SK Pengangkatan dan segera menyusul dikukuhkan.

Rektor USU, Prof. Muryanto menyatakan, Dewan Guru Besar memiliki peran kunci dalam mempercepat pencapaian program-program yang telah direncanakan dalam RPJP, Renstra, dan RKA.

Selama periode 2021 - 2022, program prioritas dengan tagline "Transformation Toward the Ultimate" telah berhasil meletakkan dasar yang signifikan bagi kesuksesan universitas.

"Program prioritas kita yaitu kelembagaan dan tata kelola adaptif, adaptasi tugas tri dharma, penataan infrastruktur, digitalitasi kampus, enterprise kampus, dan kerja sama dalam pemeringkatan internasional," ucap dia dikutip dari laman USU, Jumat (3/11/2023).

Dia menjelaskan pentingnya transformasi pendidikan yang melibatkan revisi kurikulum dengan pemanfaatan digital learning.

Lalu, transformasi penelitian yang menekankan peningkatan roadmap riset dosen untuk menghasilkan publikasi dan inovasi.

Baca juga: Kisah Adil, Siswa Piatu yang Ingin Jadi Pengusaha di Masa Depan

Kemudian, pentingnya transformasi pengabdian masyarakat yang bertujuan menciptakan perubahan positif melalui model dan metode terapan.

"Setidaknya, kita perlu melakukan percepatan transformasi di Universitas Sumatera Utara. Melalui Pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat," jelas Prof. Muryanto.

Dia berkomitmen untuk meningkatkan jumlah guru besar dan memperkuat infrastruktur pembelajaran dalam rangka mempercepat transformasi Tri Dharma di USU.

Dengan mengajak seluruh pihak untuk bekerja keras dan berdedikasi demi mewujudkan tujuan tersebut.

Baca juga: UP Tambah 4 Prodi Baru dan Guru Besar pada 2023

"Kami menunggu karya dan inovasi para Guru Besar Universitas Sumatera Utara agar terus mendukung USU sebagai universitas kelas dunia," pungkas Prof. Muryanto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com