Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lulusan Kampus Vokasi Bisa Kuliah di Taiwan dengan Program Beasiswa

Kompas.com - 02/11/2023, 09:01 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Guna meningkatkan pendidikan vokasi, perguruan tinggi vokasi di Indonesia diundang beberapa kampus asal Taiwan untuk mengikuti program beasiswa New Academia Industry Program Taiwan.

Kampus di Taiwan itu yaitu Universitas Hsing Wu (HWU) dan Universitas Cheng Shiu (CSU). Adapun hal itu sebagai kolaborasi kedua negara.

Saat audiensi di Jakarta, Rabu (1/11/2023), Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Saryadi, beserta perwakilan direktur politeknik negeri di Indonesia turut hadir dan menyambut baik kolaborasi tersebut.

"Pendidikan vokasi di Indonesia pun menitikberatkan pada nilai kolaborasi, maka diskusi kita hari ini pun akan berpacu kepada hal tersebut, yaitu bagaimana berkolaborasi untuk menghadirkan sumber daya manusia yang berkualitas," ujar Saryadi, dilansir dari laman Ditjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud Ristek.

Baca juga: Menteri PPN: SV UGM Bisa Jadi Rujukan Pendidikan Vokasi

Tentu menurut dia, kolaborasi kedua negara tersebut bisa membawa angin segar bagi Indonesia. Terlebih untuk menjawab tantangan masa depan.

Apalagi Indonesia dan Taiwan juga punya misi yang sama dan untuk peningkatan kualitas pendidikan vokasi.

"Kolaborasi internasional sangatlah penting. Maka dari itu, program beasiswa yang ditawarkan oleh Taiwan bisa menjadi cara yang dapat ditempuh politeknik di Indonesia," terangnya.

Untuk itu ia berpesan dengan adanya kolaborasi ini dapat bertukar praktik baik pendidikan vokasi di kedua negara. Lulusan politeknik dapat mengembangkan keterampilan di luar negeri dan kembali ke Indonesia.

Menurutnya, beasiswa tidak hanya tentang pendidikan, tetapi juga berdampak pada peningkatan ekonomi karena sumber daya manusia (SDM) yang unggul akan mampu bersaing di industri global.

Adapun program beasiswa yang diusung ini terbuka bagi lulusan vokasi D3 atau D4 untuk melanjutkan S1. Beasiswa tersebut akan dibuka pada awal 2024.

Baca juga: 5 Cara Membuat Pupuk Organik, Info Ditjen Vokasi

Chen Yi Wen selaku Presiden Universitas Hsing Wu menyampaikan bahwa universitasnya dipilih oleh Kementerian Pendidikan Taiwan untuk membantu merekrut putra-putri Indonesia agar dapat melanjutkan pendidikan di Taiwan.

"Kita saling berinovasi untuk meningkatkan keterampilan siswa sehingga sesuai dengan industri internasional. Penerima beasiswa pun akan mendapatkan magang industri di semester 4 untuk menunjang kompetensi," ungkap Chen.

Selain itu, Chen juga menyatakan bahwa program ini mengintegrasikan sumber daya dari pemerintah, industri, dan universitas untuk memperluas perekrutan internasional mahasiswa dengan bakat industri yang unggul.

Program beasiswa ini pun juga berlaku di Universitas Cheng Shiu. Dalam sesi diskusi, Cheng Suen Ren selaku Presdir Universitas Cheng Shiu menyampaikan bahwa kerja sama terbuka untuk Jurusan Teknik, Manajemen, dan Tourism and Hospitality.

"Penerima beasiswa akan mendapatkan uang akomodasi, pelatihan bahasa mandarin gratis, dan juga asrama untuk menunjang pembelajaran," kata Cheng.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com