Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gubernur Lampung Gapai Doktor Kehormatan dari Unila

Kompas.com - 26/10/2023, 14:37 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Lampung (Unila) untuk pertama kalinya menyumbangkan seorang Doktor Honoris Causa (HC) kepada Indonesia. Gelar itu diberikan ke Gubernur Lampung Arinal Djunaidi pada Kamis (26/10/2023).

Arinal Djunaidi dianugerahi gelar Doktor H.C. Bidang Ilmu Ekonomi oleh Unila sebagai pengakuan atas kontribusinya yang luar biasanya dalam pembangunan Lampung melalui Program Kartu Petani Berjaya (KPB).

Baca juga: Unila Telah Punya 111 Guru Besar

Pemberian gelar kehormatan ini didasari Peraturan Mendikbud Ristek Nomor 6 Tahun 2015 tentang Statuta Unila dan Prosedur Pemberian Doktor Kehormatan yang diatur dalam Peraturan Menristekdikti Nomor 65 Tahun 2016 tentang Gelar Doktor Kehormatan.

Sidang Promosi dimulai dengan pembukaan oleh Rektor Unila Prof. Lusmeilia Afriani. Selanjutnya, Arinal Djunaidi atau promovendus menyampaikan presentasi karya ilmiah berjudul "Program Kartu Petani Berjaya dalam Membangun Ekonomi Masyarakat Berbasis Pertanian di Provinsi Lampung" di hadapan Komisi Penguji.

Setelah presentasi, acara dilanjutkan dengan sidang dan ujian promosi yang dihadiri Komisi Promosi Doktor Unila terdiri dari Rektor, para promotor internal dan eksternal, Dekan FEB Unila, promotor dan co-promotor utama.

Setelah sesi ujian promosi berakhir, pengumuman promosi Doktor HC disampaikan langsung Rektor Unila Prof. Lusmeilia Afriani di hadapan Komisi Promosi Doktor Unila dan tamu undangan yang turut hadir.

Rektor Lusmeilia Afriani mengungkapkan, setelah Komisi Promosi Doktor Kehormatan menilai karya ilmiah, mendengarkan presentasi, dan jawaban klarifikasi dari Arinal Junaidi, maka Arinald Djunaidi layak dan lulusgelar Doktor Kehormatan bidang Ilmu Ekonomi.

"Ini merupakan momen bersejarah bagi Unila untuk pertama kalinya memberikan penghargaan Doktor Kehormatan kepada Arinal Djunaidi dari Program Doktor Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unila," kata Prof. Lusmeilia dilansir dari laman Unila, Kamis (26/10/2023).

Arinal Djunaidi mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantunya dalam pemikiran, pendampingan, dan dukungan.

Baca juga: Erica Lulus S1 di IPB dengan IPK 4,00 dan Sudah Bekerja di Pertamina

"Gelar ini merupakan bukti kolaborasi yang perlu diteruskan di masa depan," ucap dia.

Dia menekankan, Unila sebagai institusi pendidikan tinggi tempatnya belajar sejak kuliah hingga sarjana, layak mendapatkan penghargaan yang tinggi dari pemerintah maupun masyarakat.

Dia mengungkapkan anugerah gelar ini adalah momen tak terlupakan dalam hidupnya.

Arinal Djunaidi juga berterima kasih kepada keluarga, para promotor, co-promotor, dan akademisi yang telah membimbing serta mendukung Program Kartu Petani Berjaya, serta semua mitra kerja di Pemprov Lampung dan kabupaten/kota.

Baca juga: Dosen Unnes Ini Lulus S3 dengan IPK 4,00

"Semua ini adalah hasil kerja keras bersama dan penghargaan ini tidak hanya milik saya pribadi, melainkan milik semua yang ikut serta dalam perjalanan perekonomian sektor pertanian di Provinsi Lampung," pungkas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com