Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jembatan Rancangan UMY Ini Terinspirasi Anyaman Daun Kelapa

Kompas.com - 22/10/2023, 06:07 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Dalam Kompetisi Jembatan Indonesia (KJI) 2023, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mengirimkan satu tim perwakilannya.

UMY yang juga sebagai tuan rumah tersebut akhirnya bisa meraih juara 2 dalam KJI 2023 di kategori jembatan rangka baja berskala. Rangkaian acara KJI 2023 ditutup pada Kamis (19/10/2023). 

Dilansir dari laman UMY, Sabtu (21/10/2023), jembatan yang dirancang oleh tim Abichandra memiliki keunikan tersendiri.

Sebab bentuk rangka utama jembatan terinspirasi dari anyaman daun kelapa.

Baca juga: UMY Dukung Pengolahan dan Pemilahan Sampah di Bantul DIY

Muhammad Althaf selaku ketua tim Abichandra mengatakan, ia dan timnya membutuhkan waktu sekitar satu bulan untuk menyusun rancangan jembatan ini dari awal hingga selesai.

"Jembatan ini kami beri nama Sandya Niskala, dan ini merupakan tipe jembatan Warren Truss yang banyak dipakai di Australia juga wilayah lainnya," ujar Althaf yang merupakan mahasiswa Teknik Sipil UMY.

Ternyata, pihaknya mengambil inspirasi dari anyaman daun kelapa dalam membuat struktur jembatan ini.

Di mana rangka utama jembatan yang berbentuk segitiga disatukan menjadi utuh sehingga menciptakan jembatan penghubung yang kokoh dan dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi penggunanya.

Adapun selama proses perancangan jembatan Sandya Niskala, Althaf mengungkapkan bahwa ia dan timnya telah melakukan riset dan perencanaan yang matang sebelum menemukan rancangan jembatan yang sesuai.

Dalam menentukan tipe jembatan, pihaknya mempertimbangkan berdasarkan beberapa tipe diantaranya adalah Warren Truss, K Truss, dan Howe Truss.

"Kami melakukan riset menggunakan delapan model dari ketiga tipe jembatan ini, dan memutuskan untuk menggunakan tipe Warren Truss sebagai tipe jembatan yang lebih umum namun tetap mampu menahan beban yang sudah diestimasikan yaitu 400 kilogram," jelasnya.

Pada KJI 2023 itu, UMY menjadi satu-satunya perguruan tinggi swasta dari seluruh juara dalam KJI 2023.

Althaf pun mengaku tidak menyangka, karena menurutnya seluruh finalis memiliki rancangan jembatan yang unik dan bagus.

"Menjadi juara sebenarnya diluar prediksi kami, mengingat jembatan Sandya Niskala yang kami rancang tidak memiliki desain yang terlalu eksentrik, namun lebih terkesan sederhana," ungkapnya.

Baca juga: Rektor UMY: Mahasiswa Penerima Beasiswa Kedokteran Harus Siap Melayani Umat

Ia juga berharap agar rancangan jembatan di Indonesia dapat lebih tepat guna.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com