Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siswa SMK RUS Kudus Kelas 11 dan 12 Bikin 4 Karya Animasi

Kompas.com - 20/10/2023, 17:21 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Siswa SMK Raden Umar Sahid (RUS) Kudus ikut tampil di ajang Trade Expo Indonesia (TEI) 2023 melalui sejumlah karya hasil produksi RUS Animation Studio.

Di ajang TEI 2023, SMK RUS Kudus menampilkan 4 karya animasi, yaitu Sabda Alam, Unstring Your Heart, Wakakibo, serta Watersplash dan Abstract Particle.

Baca juga: Kisah Nyoman, Lulusan Cumlaude ITB yang Lolos Beasiswa LPDP ke MIT

Project Manager RUS Animation, Sekar Kinasih mengatakan, empat karya animasi yang ditampilkan di TEI 2023 merupakan hasil karya dari kelas 11 dan 12 SMK RUS Kudus.

"Mereka semua ikut terlibat dalam setiap proses mengerjakan proyek film-film ini," ucap Project Manager RUS Animation, Sekar Kinasih di ICE BSD City, Tangerang, Banten, Jumat (20/10/2023).

Dia mengungkapkan, karya animasi Sabda Alam menceritakan tentang kisah Burung Rangkong Jantan terbang hingga memberi makan keluarganya melalui Lubang Pohon.

"Ada karya animasi lain berjudul Unstring Your Heart yang menceritakan dua karakter yang membawa Boneka Kayu dan memainkannya menari di depan Lawang Sewu," jelas dia.

Lalu, ada karya animasi berjudul Wakakibo yang mengisahkan dua karakter, Waka dan Kibo yang asyik bermain petak umpet.

"Untuk Wakakibo, ada 100 orang dalam satu tim yang membuat dari kelas 11 dan 12. Dan juga ada dari mentor yang membimbing tim ini, sehingga bisa lebih mudah membuatnya," ucap dia.

Kemudian untuk animasi berjudul Water Splash dan Abstract Particle menampilkan visual efek air realistis dan pergerakan abstract particle dengan angle view anamorphic yang turut memperlihatkan 3D ruang dalam layar Videotron.

Baca juga: Kerek Literasi, Kemendikbud dan Tanoto Foundation Sebar 76.752 Buku

Ciptakan karya baru terus menerus

Sekar mengatakan, SMK RUS Kudus melalui RUS Animation akan terus menciptakan karya terbarunya, dengan tetap berfokus pada proses pembelajaran anak usia dini.

"Ke depannya kita masih akan banyak karya-karya terbaru lagi, terutama sekarang kita fokusnya kepada karya-karya yang akan berkesinambungan dengan proses belajar di pendidikan anak usia dini," jelas Sekar.

Maka dari itu, talenta digital para siswa dari SMK RUS Kudus ini memang sudah tidak diragukan lagi.

Baca juga: Pendidikan Vokasi Punya Peranan Penting di Banyak Sektor Industri

"Karya animasi yang disajikan berkelas internasional dan banyak dipesan oleh industri baik industri dalam negeri maupun luar negeri," ungkapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com