Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Marchella FP Ajak Perempuan Berdamai dengan Patah Hati lewat "TABI"

Kompas.com - 15/10/2023, 10:16 WIB
Theresia Aprilie,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Di era modern ini, ada banyak perempuan yang mengalami tekanan dari berbagai aspek kehidupan. Baik dari lingkungan sosial, pekerjaan, maupun urusan percintaan.

Kebanyakan dari mereka merasa tertekan, tetapi tidak bisa bercerita dan mau tidak mau menerima tekanan itu dengan lapang dada.

Hal inilah yang coba diangkat oleh Marchella FP, penulis buku flash fiction terkenal “Nanti Kita Cerita tentang Hari Ini”, dalam buku terbarunya.

Baca juga: Najwa Shihab: Habiskan Waktu di Medsos Buat Anak Muda Jauh dari Buku

Buku yang diberi judul “TABI” ini merupakan buku pertama Marchella yang berisi cerita panjang dalam format novel grafis, setelah sebelumnya terus mengeluarkan buku kumpulan kata bijak atau quotes.

Buku ini menceritakan kisah seorang perempuan bernama TABI yang akhirnya menemukan jati diri di tengah perjalanan patah hatinya saat di Jepang. Dalam pembuatan ilustrasi dari buku ini, Marchella dibantu oleh Lalita Prima.

“TABI ini menjadi potret perempuan-perempuan Indonesia yang mungkin kita terbiasa untuk menyimpan, terbiasa untuk ya sudahlah. Tidak tahu berapa ya sudahlah yang sudah kita terima di perjalanan hidup kita,” ujar Marchella, dalam peluncuran buku “TABI” di Jakarta, Jumat (13/10/2023).

Menurut Marchella, proses penciptaan karya terbarunya ini menjadi satu tantangan bagi dirinya sendiri untuk keluar dari image yang melekat sebagai penulis quotes.

Terlebih pemilihan buku dengan bentuk novel grafis ditujukan untuk memberi sesuatu yang baru dan berbeda bagi masyarakat.

Baca juga: 7 Rekomendasi Buku untuk Jadi Mahasiswa Baru yang Produktif

“Karena pas NKCTHI itu aku melihat di publik sering sekali bentuk seperti itu yang ada quotes, tulisan pendek, dan ada ilustrasinya. Kalau teman-teman ke toko buku banyak yang serupa. Aku merasa kalau melakukan hal yang sama, aku tidak akan membuka pintu yang baru,” tuturnya.

Marchella mengaku buku ini juga terinspirasi dari drama korea bertema percintaan dari sudut pandang perempuan yang dia tonton.

Dari sinilah, Ia mendapat ide untuk membuat buku dengan tema percintaan yang selama ini menjadi tema yang dihindari lantaran tidak tahu cara mengemasnya dengan apik.

Baca juga: Buku Cetak Sulit Digantikan Ebook

Terlebih, semangatnya untuk mewujudkan buku ini terpantik ketika membaca quotes dari salah satu buku. Quotes ini berbunyi “Kebohongan terbesar di dunia adalah manusia percaya kalau takdir itu diberikan bukan diusahakan.”

Menghadirkan sosok virtual influencer menggunakan TikTok

“TABI” sendiri tidak hanya dihadirkan dalam bentuk buku, tetapi juga diwujudkan dalam bentuk sosok virtual.

Karakter ini pertama kali diperkenalkan pada bulan Agustus 2023 lewat akun TikTok @tabi.tabinda.

“Saya dan karakter TABI berjalan beriringan dalam menyusun buku ini, dimana kami mengeksplorasi tantangan dan hambatan lalu kami menyelesaikan secara bersama-sama. Kami juga saling berbagi peran, dimana masing-masing karakter memiliki pemikiran yang berbeda,” jelasnya.

Baca juga: 8 Rekomendasi Buku Self Improvement Populer Asal Korea Selatan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com