Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Skill yang Harus Dimiliki Mahasiswa, Nomor 2 Wajib!

Kompas.com - 08/10/2023, 10:15 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Kuliah di kampus kini tidak sekedar menimba ilmu saja. Tapi ada beberapa skill yang harus dimiliki mahasiswa.

Harapannya, mahasiswa setelah lulus kuliah punya bekal keterampilan lebih dan bisa mudah terserap di dunia kerja.

Terlebih saat ini dunia teknologi juga sangat dekat dengan mahasiswa. Jadi, mahasiswa penting memiliki hard skill dan soft skill mumpuni.

Dilansir dari laman Institut Teknologi Batam (Iteba), ada beberapa skill yang harus dimiliki mahasiswa di zaman sekarang.

Baca juga: 5 Cara Meningkatkan Soft Skill Mahasiswa, Tertarik?

Skill yang harus dimiliki mahasiswa

1. Miliki kemampuan komputer dasar

Saat ini, mahasiswa zaman harus memiliki kemampuan komputer dasar. Seperti Microsoft Word, Microsoft Excel, Power Point dan lainnya merupakan hal dasar yang wajib dikuasai.

Tentu mengingat semua perusahaan pasti akan menggunakan komputer dan ini menjadi point penting yang harus dikuasai sekarang.

2. Mampu berbahasa asing

Zaman now, hal paling penting ialah mahasiswa harus bisa berbahasa asing. Salah satu yang wajib ialah bisa bahasa Inggris. Sebab, banyak perusahaan yang merupakan investor dari luar negeri.

Selain itu kemampuan bahasa asing memang sangat diperlukan untuk memperlancar komunikasi dan menjadi standar utama oleh semua perusahaan di era sekarang untuk mencari karyawan.

Apalagi jika tidak hanya bahasa Inggris saja, tapi juga bahasa asing lainnya tentu akan menjadi nilai tambah.

3. Miliki kemampuan menulis

Adapun skill yang harus dimiliki mahasiswa yang lain ialah memiliki kemampuan menulis. Ini wajib untuk semua calon karyawan.

Saat bekerja, seorang karyawan akan lebih sering menulis dibandingkan aktivitas apapun, seperti menulis surat, dan lain-lain.

Baca juga: 6 Cara Membangun Soft Skill sejak Kuliah

4. Kemampuan di bidang IT/digital

Seperti halnya kemampuan komputer dasar, kemampuan IT/digital setidaknya penting dipelajari saat ini. Ada hal-hal umum seperti mencetak dokumen, mengcopy dokumen, mengakses email, mengakses sistem komputer, mengakses google dan mengakses media sosial.

Tentunya kemampuan IT ini akan mempermudah dan sangat diperlukan oleh semua perusahaan zaman sekarang.

5. Miliki kemampuan presentasi

Kini, kemampuan presentasi diperlukan karena setiap karyawan akan melakukan presentasi di setiap adanya pertemuan atau meeting, seperti dalam pertemuan dengan klien, dan pertemuan dengan atasan.

6. Terkait pelayanan konsumen & komunikasi

Walaupun tidak bekerja di bagian pelayanan, pelayanan konsumen dan komunikasi adalah skill wajib yang harus dimiliki oleh semua karyawan.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com