Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rektor: Unud Sudah Layak Berstatus PTN-BH

Kompas.com - 06/10/2023, 13:50 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Rektor Universitas Udayana (Unud), Prof. I Nyoman Gde Antara mengatakan, Unud yang telah berusia 61 tahun sudah berada di posisi matang, apalagi status kampus telah berakreditasi unggul dari BAN-PT.

Hal ini harus menyadarkan semua sivitas akademika Unud, bahwa kampus harus terus bergerak ke depan dan mengukir banyak karya dan prestasi dengan seiring dengan usianya yang semakin matang.

Baca juga: Tambah 18, Kini Unud Punya 214 Guru Besar

"Dengan capaian akreditasi Unggul yang menjadi modal dasar menuju perguruan tinggi negeri berbadan hukum (PTN-BH), Unud terus memperkokoh lembaga pendidikan dan sedang bertransformasi menuju PTN-BH," kata dia dikutip dari laman Unud, Jumat (6/10/2023).

Saat ini, sebut dia, Unud berstatus PTN Badan Layanan Umum (BLU) yang telah berjalan sejak tahun 2011.

Peningkatan status ke PTN-BH dapat mendorong Unud untuk meningkatkan kualitas pendidikan, kualitas kinerja sumber daya manusia (SDM), serta kualitas layanan.

Sehingga menghasilkan kualitas lulusan yang unggul dan siap bersaing ditingkat regional, nasional, dan internasional.

Dia menyatakan, ekosistem pendidikan bermutu dan etrintegrasi yang sedang dikembangkan Unud akan menjadikan transformasi Unud dari status BLU ke PTN-BH.

Hal ini demi mewujudkan peta jalan pengembangan institusi yang diamanatkan pada rencana strategis (Renstra) Unud 2020-2024 dan Rencana Pengembangan Akademik Jangka Panjang (RPAJP) 2020-2040.

Berdasarkan hasil penilaian sistem Analitik PTN-BH (yang dikembangkan oleh Direktorat Kelembagaan Dirjen Dikti) Unud memperoleh skor 377,93.

Baca juga: Tak Pernah Bolos Kuliah, Cara Embun Lulus Kuliah dan Gapai IPK 3,98

Dari skor yang diperoleh, Unud sudah memenuhi kelayakan untuk berubah menjadi PTN BH.

"Skor minimal yang harus dipenuhi untuk perubahan PTN menjadi PTN-BH adalah 300," tegas dia.

Mendikbud Ristek, Nadiem Makarim berharap, Unud pada usia matang ini bisa terus tumbuh untuk menjadi kampus berprestasi dengan melahirkan sumber daya manusia unggul, dan menghadirkan berbagai inovasi dan riset yang berdampak besar pada pengembangan peradaban manusia.

Melalui terobosan merdeka belajar untuk pendidikan tinggi kami terus mendukung Unud untuk mewujudkan visi dan misi tersebut.

Baca juga: 66 Perguruan Tinggi Miliki Akreditasi Unggul dari BAN-PT

"Mari kita terus bergerak serentak mewujudkan merdeka belajar kampus merdeka," tukas Nadiem.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com