Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Manfaat Makan Buah dan Sayur, Penting Diketahui Siswa

Kompas.com - 30/09/2023, 21:50 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Makan buah dan sayur memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Namun faktanya tidak semua anak menyukai makan buah maupun sayuran.

Padahal tubuh manusia membutuhkan buah dan sayur karena mengandung zat gizi mikro yang sangat penting untuk pertumbuhan, perkembangan, dan kesehatan bagi tubuh.

Di dalamnya juga terdapat vitamin, mineral, dan serat yang diperlukan. Dilansir dari akun Instagram Direktorat SMP Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), Sabtu (30/9/2023) beberapa vitamin dan mineral yang terdapat pada buah dan sayur berfungsi sebagai antioksidan sehingga dapat melindungi tubuh dari penyakit tidak menular terkait gizi, baik itu karena kelebihan atau kekurangan gizi.

Jika kurang memakan sayur dan buah, bisa membuat perut terasa tidak enak dan sulit buang air besar. Berikut manfaat makan buah dan sayur yang penting untuk diketahui para siswa

Baca juga: 5 Universitas Terbaik di Yogyakarta Versi THE WUR 2024, UGM Nomor 1

Manfaat makan buah dan sayur

1. Meningkatkan daya ingat

Manfaat makan buah dan sayur yang pertama adalah meningkatkan daya ingat. Hal ini bisa karena terdapat zat antioksidan yang dapat melindungi sel-sel otak.

2. Membantu tubuh menjadi lebih sehat

Makan sayur dan buah membantu tubuh kebuh sehat karena keduanya mengandung vitamin, mineral dan enzim yang tinggi akan memproduksi energi untuk membantu tubuh menjadi lebih sehat.

3. Membantu mengatasi obesitas

Beberapa kali muncul berita anak bahkan orang dewasa yang mengalami obesitas hingga sulit bergerak. Dengan mengonsumsi buah dan sayur juga bisa menjadi salah satu cara mencegah obesitas.

Buah dan sayur kaya serat dapat membantu mengatasi obesitas dengan memberikan rasa kenyang sehingga mengurangi keinginan untuk makan berlebihan.

4. Memperlancar buang air besar

Kandungan serat yang tinggi mampu meningkatkan metabolisme tubuh.

Baca juga: Uang Pangkal Kuliah Jurusan Hukum di 8 PTN, Berapa Paling Murah?

5. Membuat perasaan lebih bahagia

Buah dan sayur ada yang mengandung antioksidan. Antioksidan juga terbukti dapat membuat perasaan lebih bahagia dan melindungi tubuh dari depresi dengan mengurangi peradangan.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com