Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Universitas Terbaik di Yogyakarta Versi THE WUR 2024, UGM Nomor 1

Kompas.com - 30/09/2023, 16:32 WIB
Mahar Prastiwi,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebagai Kota Pendidikan, Yogyakarta selalu dipilih calon mahasiswa sebagai tempat untuk melanjutkan pendidikan mereka.

Berdasarkan hasil pemeringkatan Times Higher Education World University Rankings 2023 (THE WUR 2024), ada beberapa kampus baik negeri dan swasta yang masuk dalam daftar universitas terbaik di Yogyakarta.

THE World University Rankings 2024 menggunakan 18 indikator kinerja untuk mengukur kinerja institusi di lima bidang, yaitu pengajaran, kualitas penelitian, lingkungan penelitian, pandangan internasional, dan industri.

Calon mahasiswa banyak memilih kuliah di Yogyakarta, selain karena kualitas kampus juga biaya hidup di Yogyakarta yang relatif murah.

Baca juga: 24 Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia Versi THE WUR 2024, Ada 3 PTS

Universitas terbaik di Yogyakarta

Dilansir dari laman www.timeshighereducation.com, Sabtu (30/9/2023) berikut deretan universitas terbaik di Yogyakarta versi THE WUR 2024. Dari data THE WUR 2024, sejumlah perguruan tinggi berhasil meraih peringkat secara global. 

Namun beberapa kampus masih berstatus "reporter" baru. Status tersebut menandakan kampus tersebut merupakan peserta aktif dalam proses pemeringkatan, meski tahun ini belum melakukan pemeringkatan.

Praktisnya, hal ini berarti lembaga-lembaga tersebut dicantumkan berdasarkan abjad di akhir tabel pemeringkatan, dan bukan diberi nomor peringkat. Kampus tersebut malah diberi label sebagai lembaga pelapor.

Pihak Times Higher Education memberikan umpan balik kepada universitas-universitas yang gagal memenuhi kriteria untuk membantu dalam upaya mereka untuk masuk ke pemeringkatan di masa depan.

Baca juga: Cek Biaya Kuliah Jurusan Tata Boga di UNY, UNJ, Unesa dan UPI

Berikut universitas terbaik di Yogyakarta berdasarkan THE WUR 2024:

1. Universitas Gadjah Mada (UGM)

  • Peringkat global: 1.201-1.500

2. Universitas Islam Indonesia (UII)

  • Peringkat global: 1.501+

3. Universitas Negeri Yogyakarta

  • Peringkat global: 1.501+

4. Universitas Ahmad Dahlan (UAD)

  • Status: reporter

5. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)

  • Status: reporter

Baca juga: Syarat Masuk MAN Insan Cendekia Serpong, Sekolah Terbaik di Indonesia

Demikian universitas terbaik di Yogyakarta versi THE WUR 2024. Informasi ini bisa jadi acuan para calon mahasiswa yang tahun depan ingin kuliah di Yogyakarta untuk memilih salah satu dari universitas terbaik tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com