Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ulang Tahun Ke-25 Google, Kedua Pendiri Bertemu di Universitas Stanford

Kompas.com - 27/09/2023, 10:05 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Tepat pada Rabu 27 September 2023 ini ada yang menarik di dunia maya, yakni adanya ulang tahun ke-25 Google.

Jika kamu membuka mesin pencari Google, maka Google Doodle akan membentuk angka 25, dan nantinya halaman Google bakal bertaburan pita ulang tahun.

Bagi yang penasaran terkait ulang tahun ke-25 Google, tentu harus paham siapa pendiri Google. Ternyata mesin pencari di internet ini didirikan oleh dua orang, yakni Larry Page dan Sergey Brin.

Dilansir dari laman Binus University, kedua pendiri itu bertemu di Universitas Stanford Amerika Serikat.

Baca juga: Kisah Qonita Lulus ITS Usia 20 Tahun dan Pernah Didanai Google

Ketika menikmati kunjungan akhir pekan, Larry Page dan Sergey Brin bertemu di kampus tersebut sebagai mahasiswa pasca-sarjana pada 1995.

Ternyata awalnya mereka berdua punya pandangan yang berbeda dan bahkan sering berdebat atau diskusi ketika melakukan pertemuan.

Tetapi, dari perbedaan itulah bisa muncul satu pandangan yang sama atau bisa dikatakan menghasilkan sebuah pendekatan yang cukup unik dalam penyelesaian sebuah masalah.

Tentu adanya tantangan utama yang ada dalam dunia internet yakni bagaimana data dari setiap data masif itu bisa diperoleh kembali.

Barulah pada Januari 1996 Brin dan Page kembali bertemu untuk mewujudkan kolaborasi mereka dan juga untuk mewujudkan impian mereka dengan membuat sebuah search engine yang kemudian dinamakan BackRub.

BackRub inilah yang merupakan cikal bakal dari Google yang kita kenal sekarang.

Baca juga: Siswa, Seperti Ini Sejarah Tanam Paksa

Sedang setahun kemudian BackRub yang dibuat melalui sebuah pendekatan unik mengenai analisis jaringan kemudian mulai mengangkat pamor keduanya yaitu Sergey Brin dan Larry Page.

Sampai pada akhirnya berita ini kemudian menyebar luas ke seluruh penjuru kampus tentang teknik baru mesin pencari Larry Page dan Sergey Brin.

Sepanjang 1998, teknologi yang dikenal dengan nama google sekarang ini terus-menerus disempurnakan oleh keduanya.

Kemudian mereka mulai untuk mencari investor yang mau mendanai proyek mereka agar proyek mereka bisa berkembang.

Adanya kendala itu yang menjadi dilema bagi Page dan Brin sebab keduanya belum mendirikan perusahaan bernama Google pada waktu itu.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com