Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kampus di Indonesia yang Memiliki Jurusan Bahasa Korea

Kompas.com - 25/09/2023, 16:07 WIB
Carissa Juwita,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jurusan Bahasa Korea merupakan salah satu program studi yang ada di fakultas sastra dan dapat kita temui di beberapa kampus di Indonesia.

Jurusan ini cukup digemari saat ini. Selain karena Korea Selatan merupakan negara maju dengan beragam produk skincare hingga otomotif, banyak masyarakat yang sudah mendapatkan pengaruh Korea Selatan melalui drama Korea, Kpop, hingga makanan.

Saat kamu mengambil jurusan bahasa Korea, kamu akan mempelajari tata bahasa, hangul, dan budaya Korea. Berikut beberapa kampus di Indonesia yang memiliki jurusan bahasa Korea:

Baca juga: Kuliah S1 Gratis ke Korea Selatan, Daftar Tanpa LoA dan IELTS

1. Universitas Indonesia (UI)

Universitas yang berlokasi di Depok ini memiliki jurusan bahasa Korea pada Fakultas Ilmu Budaya (FIB) untuk jenjang S1. Jurusan ini menjadi salah satu jurusan favorite dan sudah terakreditasi A.

Tidak hanya belajar, jurusan ini juga sering mengadakan event bertemakan Korea seperti event korean culture, korean fair, dan lainnya.

Saat berkuliah, kamu akan mendapatkan beberapa mata kuliah menarik seperti sejarah Korea, pengayaan sino Korea, budaya dan bisnis Korea, gramatika Korea, dan kemahiran bahasa Korea. Diharapkan, lulusannya mahir berbahasa Korea baik lisan dan tulisan.

Baca juga: Beasiswa S3 ke Inggris Segera Dibuka, Tunjangan Rp 467 Juta Per Tahun

2. Universitas Nasional (Unas)

Universitas Nasional menjadi kampus swasta pertama yang membuka program studi bahasa Korea. Awalnya, universitas ini hanya membuka jenjang D3 untuk jurusan bahasa Korea.

Tetapi, pada tahun 2017 jurusan bahasa Korea sudah tersedia untuk jenjang S1 atau sarjana. Saat berkuliah, kamu akan mempelajari sejarah, adat-istiadat hingga kebudayaan modern masyarakat Korea.

3.Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Kampus yang terletak di Bandung ini juga tidak mau ketinggalan dan sudah memiliki jurusan bahasa Korea.

Berawal dari adanya kursus bahasa Korea pada tahun 2007 dan mendapatkan antusiasme yang cukup tinggi hingga akhirnya dibuka program studi bahasa Korea pada tahun 2015. Jurusan ini sudah mendapatkan akreditasi B dan tersedia untuk jenjang S1.

Baca juga: Mengenal EWHA University, Kampus Top Khusus Perempuan di Korea Selatan

4. Universitas Gadjah Mada (UGM)

UGM yang berada di Jogjakarta dan menjadi salah satu kampus terbaik di Indonesia ini sudah membuka program studi bahasa Korea sejak tahun 2008.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com