Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kampus di Indonesia yang Memiliki Jurusan Bahasa Korea

KOMPAS.com - Jurusan Bahasa Korea merupakan salah satu program studi yang ada di fakultas sastra dan dapat kita temui di beberapa kampus di Indonesia.

Jurusan ini cukup digemari saat ini. Selain karena Korea Selatan merupakan negara maju dengan beragam produk skincare hingga otomotif, banyak masyarakat yang sudah mendapatkan pengaruh Korea Selatan melalui drama Korea, Kpop, hingga makanan.

Saat kamu mengambil jurusan bahasa Korea, kamu akan mempelajari tata bahasa, hangul, dan budaya Korea. Berikut beberapa kampus di Indonesia yang memiliki jurusan bahasa Korea:

1. Universitas Indonesia (UI)

Universitas yang berlokasi di Depok ini memiliki jurusan bahasa Korea pada Fakultas Ilmu Budaya (FIB) untuk jenjang S1. Jurusan ini menjadi salah satu jurusan favorite dan sudah terakreditasi A.

Tidak hanya belajar, jurusan ini juga sering mengadakan event bertemakan Korea seperti event korean culture, korean fair, dan lainnya.

Saat berkuliah, kamu akan mendapatkan beberapa mata kuliah menarik seperti sejarah Korea, pengayaan sino Korea, budaya dan bisnis Korea, gramatika Korea, dan kemahiran bahasa Korea. Diharapkan, lulusannya mahir berbahasa Korea baik lisan dan tulisan.

2. Universitas Nasional (Unas)

Universitas Nasional menjadi kampus swasta pertama yang membuka program studi bahasa Korea. Awalnya, universitas ini hanya membuka jenjang D3 untuk jurusan bahasa Korea.

Tetapi, pada tahun 2017 jurusan bahasa Korea sudah tersedia untuk jenjang S1 atau sarjana. Saat berkuliah, kamu akan mempelajari sejarah, adat-istiadat hingga kebudayaan modern masyarakat Korea.

3.Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Kampus yang terletak di Bandung ini juga tidak mau ketinggalan dan sudah memiliki jurusan bahasa Korea.

Berawal dari adanya kursus bahasa Korea pada tahun 2007 dan mendapatkan antusiasme yang cukup tinggi hingga akhirnya dibuka program studi bahasa Korea pada tahun 2015. Jurusan ini sudah mendapatkan akreditasi B dan tersedia untuk jenjang S1.

4. Universitas Gadjah Mada (UGM)

UGM yang berada di Jogjakarta dan menjadi salah satu kampus terbaik di Indonesia ini sudah membuka program studi bahasa Korea sejak tahun 2008.

Tidak perlu khawatir, jurusan ini sudah terakreditasi A dan diperuntukkan untuk jenjang sarjana atau S1.

Selain itu, jurusan bahasa Korea juga sudah tersedia di sekolah vokasi UGM namun dengan jenjang D3 saja.

5. Universitas Diponegoro (Undip)

Kampus yang berada di Semarang, Jawa Tengah juga memiliki program studi bahasa Korea. Program studi ini tersedia untuk jenjang D3 dan S1.

Ketika berkuliah, kamu akan mempelajari dialek, nada bicara, hingga kebudayaan Korea.

Prospek kerja lulusan Jurusan Bahasa Korea

Bagi kamu yang sudah mengambil jurusan bahasa Korea, pasti kamu bingung harus bekerja menjadi apa setelah lulus kuliah. Dilansir dari platform pembelajaran bahasa asing, Cakap, berikut beberapa prospek kerja bagi lulusan bahasa Korea:

1. Penerjemah

Profesi penerjemah dapat dilakukan oleh semua lulusan sastra termasuk sastra Korea. Kamu bisa menjadi translator jika ada warga negara Korea yang menghadiri sebuah event di sini. Selain itu, kamu juga dapat melamar profesi ini di perusahaan multinasional.

2. Bekerja di perusahaan Korea Selatan

Bisa berbahasa Korea menjadi salah satu nilai tambah bagi kamu yang berminat bekerja di perusahaan Korea yang ada di Indonesia, di samping memiliki skill lainnya yang dibutuhkan untuk bidang kerja tersebut.

3. Penulis

Lulusan bahasa Korea sudah pasti mahir menuliskan hangul, kelebihan ini dapat menjadi profesi yaitu penulis. Kamu dapat menulis cerita, novel, lagu, atau artikel dalam bahasa Korea.

4. Pemandu Wisata atau tour guide

Kamu dapat melamar menjadi pemandu wisata di perusahaan travel yang memiliki paket wisata ke Korea. Kamu dapat berkeliling sekaligus jalan-jalan di Korea bersama warga Indonesia yang sedang berwisata di Korea.

5. Diplomat

Prospek kerja yang terakhir adalah diplomat, kamu dapat melamar posisi ini di Kedutaan Besar Korea di Indonesia. Menjadi seorang diplomat memiliki tanggung jawab seperti melakukan negosiasi, penghubung informasi, dan diplomasi dengan negara lain.

Itulah beberapa kampus yang memiliki program studi bahasa Korea dan prospek kerjanya, mana kampus yang menjadi incaranmu?

https://www.kompas.com/edu/read/2023/09/25/160710371/kampus-di-indonesia-yang-memiliki-jurusan-bahasa-korea

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke