Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nasib 4 Idol Kpop yang Pernah Terlibat Skandal Burning Sun

Kompas.com - 21/05/2024, 08:13 WIB
Rintan Puspita Sari

Penulis

Sumber Koreaboo

KOMPAS.com- Pada 24 November 2018, seorang pria bernama Kim Sang Kyo dilaporkan diserang di Burning Sun, sebuah klub Gangnam milik mantan Bigbang, Seungri.

Pria itu diserang setelah turun tangan untuk membantu seorang wanita yang mengalami pelecehan seksual.

Menyusul pertengkaran ini adalah serangkaian investigasi terhadap Burning Sun dan Seungri yang mengungkap jaringan kejahatan yang saling berhubungan, termasuk perjudian, distribusi narkoba, dan kekerasan seksual.

Salah satu bagian yang paling mengejutkan dari penyelidikan mengungkap adanya obrolan grup di mana video seks ilegal yang diambil secara diam-diam dibagikan oleh para anggotanya, termasuk selebriti terkenal.

Baca juga: Dulu Jadi Klub Populer di Gangnam, Kondisi Burning Sun Kini Terbengkalai

Seperti Seungri, Jung Joon Young, Yong Junhyun, dan Choi Jonghoon, Lee Jong Hyun, Eddy Kim. Bagaimana kabar mereka sekarang?

Seungri

Seungri adalah peserta aktif di ruang obrolan Jung Joon Young, tempat video seks ilegal dibagikan dan para peserta akan 'menilai' wanita yang berhubungan seks dengan mereka.

Dia hanya diselidiki atas partisipasinya di ruang obrolan dan dilaporkan tidak membagikan lebih dari satu foto yang dia temukan secara online.

Seungri awalnya dijatuhi hukuman tiga tahun penjara atas sembilan dakwaan lainnya, termasuk prostitusi, mediasi prostitusi, penggelapan, pelanggaran undang-undang keamanan pangan, kebiasaan berjudi, dan pelanggaran undang-undang valuta asing.

Dia dibebaskan pada tanggal 9 Februari setelah 18 bulan. Seungri juga telah mundur dari Bigbang dan kini beberapa kali terlihat berada di Bali, Indonesia.

Jung Joon Young

Jung Joon Young memiliki ruang obrolan utama tempat video seks yang diambil secara ilegal dibagikan.

Baca juga: Bantu Pecahkan Kasus Burning Sun Sebelum Meninggal Dunia, Goo Hara Yakinkan Choi Jong Hoon untuk Mengaku

Skandal tersebut terungkap ketika Jung Joon Young memberikan ponsel untuk diperiksa terkait kasus 'Molka' di tahun 2016, pihak yang bisa mengakses data tersebut memutuskan untuk memberikan informasinya kepada seorang pengacara yang kemudian bekerjasama dengan reporter SBS.

Jung Joon Young awalnya dijatuhi hukuman enam tahun penjara karena pelecehan seksual dan karena mengambil dan membagikan video seks yang direkam secara ilegal.

Namun, hukumannya dikurangi menjadi lima tahun setelah dia menyerahkan dokumen penyesalannya. Jung Joon Young diketahui telah bebas pada 19 Maret 2024.

Kehidupannya tak lagi mendapat sorotan kamera. Jung Joon Young juga pernah mengatakan akan berhenti dari dunia hiburan. 

Choi Jong hoon

Mantan anggota FT ISLAND Choi Jong hoon awalnya dijatuhi hukuman lima tahun penjara setelah ia didakwa berpartisipasi dalam dua pemerkosaan berkelompok yang berbeda.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com