Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mendikbud Ristek: Inovasi Jadi Kekuatan Utama Kemajuan Sosial

Kompas.com - 23/09/2023, 21:00 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek), Nadiem Makarim mengatakan inovasi adalah kekuatan utama kemajuan sosial.

"Pendidikan inovasi dan kewirausahaan di Indonesia merupakan sebuah model baru yang banyak dilakukan peserta didik belakangan ini," ucap Nadiem saat acara Bootcamp tahap I melalui video, dikutip dalam keterangan resminya, Jumat (22/9/2023).

Baca juga: Kemendikbud: Sistem Zonasi Dihapus Tidak Selesaikan Masalah PPDB

THE Bootcamp merupakan acara yang dibuat Tsinghua University bersama Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi untuk para pengusaha muda Indonesia selama tiga fase dari September hingga November 2023. Pada tahap Bootcamp 1 telah dilakukan pada 12-16 September 2023.

Nadiem menjelaskan, THE Bootcamp saat ini menawarkan dukungan sumber daya yang penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan, khususnya di Indonesia.

"Melalui pembinaan talenta-talenta yang berinovasi dan kewirausahaan, serta daya saing perekonomian di Asia telah meningkat, sehingga menghasilkan talenta-talenta baru di bidang ini di seluruh dunia," ucap dia.

Rektor Universitas Tsinghua, Wang Xiqin memiliki pendapat yang sama. Dia menyebut, inovasi jadi sebagai kekuatan utama yang mendorong pembangunan di Indonesia.

Dia mencatat dari sudut pandang sejarah bahwa inovasi adalah kekuatan utama modernisasi.

Inovasi yang sukses, kata dia, bukan hanya proses teknis, tetapi juga proses ekonomi dan sosial.

"Selama proses ini, inovasi lahir di perusahaan dan dipimpin oleh wirausahawan," jelas dia.

Baca juga: 62.524 Guru P1 Tidak Perlu Tes Saat Ikut Seleksi Guru PPPK 2023

Kunci keberhasilan inovasi adalah talenta, karena inti dari pengembangan yang didorong oleh inovasi berarti pengembangan yang digerakkan oleh talenta.

Tips inovasi untuk wirausahawan

Rektor Universitas Tsinghua, Wang Xiqin menjadi pembicara saat acara Bootcamp tahap I.DOK. Pribadi Rektor Universitas Tsinghua, Wang Xiqin menjadi pembicara saat acara Bootcamp tahap I.

Wang Xiqin berbagi banyak kasus praktis dan menawarkan saran kepada wirausahawan muda untuk unggul dalam inovasi dan kewirausahaan serta mendorong kemajuan dan pembangunan sosial.

Pertama, dia menyarankan para wirausahawan muda harus menguasai pola berpikir kritis untuk mencari kebenaran.

Baca juga: 50.248 Formasi Guru PPPK 2023 Dibuka untuk P1

Kedua, dia menyarankan wirausahawan muda harus mampu menggunakan sistem manajemen ilmiah.

Itu berguna untuk meningkatkan tata kelola perusahaan dan mengetahui cara menganalisis konflik utama dari sistem tata kelola lima perspektif (aturan berdasarkan pedoman politik, hukum, kebajikan, tata kelola mandiri, dan kecerdasan).

Dia berharap, Universitas Tsinghua bisa menjalin kerja sama strategis yang berkualitas tinggi, premium, dan menyeluruh di bidang pendidikan dan penelitian.

Baca juga: Kemendikbud: Ini Perbedaan Seleksi Guru PPPK 2023 Dibanding Sebelumnya

Bersama dengan Indonesia, Universitas Tsinghua ingin membangun platform ekosistem global untuk inovasi kewirausahaan, mempromosikan integrasi bilateral, dan multi-inovasi serta kewirausahaan untuk mencapai pembangunan berkelanjutan, dan lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com