Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dosen FPPsi UNJ Gelar PkM "Classroom Management" bagi Guru SMK Garut

Kompas.com - 19/09/2023, 16:47 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Tim dosen dan mahasiswa Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Jakarta (FPPsi UNJ) melakukan program Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) di SMK Muhammadiyah Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Kegiatan PkM dengan tema “Pelatihan Classroom Management bagi Guru untuk Meningkatkan Partisipasi Siswa” ini dipimpin Santi Yudhistira selaku Ketua PkM yang juga dosen FPPsi UNJ.

Tema ini dipilih berdasarkan hasil analisis kebutuhan guru terkait rencana topik PkM yang akan dilakukan sehingga diharapkan menjadi tepat sasaran.

"Berdasarkan tema utama tersebut, program PkM ini dikemas dalam tiga materi utama yang menggambarkan alur manajemen kelas oleh guru. Guru terlebih dahulu diharapkan dapat memahami siswa-siswanya yang merupakan sosok remaja," jelas Santi Yudhistira.

Selanjutnya dengan pemahaman tersebut, para guru dilatih untuk menjalin komunikasi efektif dengan siswa.

"Lalu di bagian akhir para guru dibekali dengan ragam metode pembelajaran yang akan menghidupkan suasana belajar sehingga partisipasi aktif siswa dapat terwujud," lanjut Santi Yudhistira.

Materi pertama mengusung topik “Psikologi Perkembangan Remaja Akhir” disajikan oleh narasumber Fitri Lestari Issom. Selanjutnya topik bahasan kedua adalah “Komunikasi Efektif Guru Kepada Siswa Remaja Akhir” dengan narasumber Santi Yudhistira.

Sedangkan topik bahasan terakhir “Variasi Metode Pembelajaran untuk Meningkatkan Partisipasi Aktif Siswa” dengan narasumber Rahmadianty Gazadinda. Semua narasumber merupakan dosen aktif di FPPsi UNJ.

Pada kesempatan ini, Yusran Hanif yang merupakan Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah Tarogong Kidul menyatakan rasa syukur dan harapannya.

Baca juga: Simak, Ini Aturan Terbaru Seleksi PPPK Guru 2023

 

“Kami sangat bersyukur dapat menjadi mitra pengabdian masyarakat Fakultas Pendidikan Psikologi UNJ," ungkap Yusran Hanif.

"Kegiatan ini melebih ekspektasi karena banyak sekali ilmu yang kami dapatkan, terutama tentang bagaimana berinteraksi dan berkomunikasi dengan siswa, serta bagaimana cara mengelola kelas," tambahnya.

"Luar biasa bermanfaat. Ke depannya, kami akan mendampingi guru-guru untuk menerapkan apa saja yang sudah kami dapatkan. Terima kasih kepada tim dari Psikologi UNJ," pungkas Yusran Hanif. 

Dalam kesempatan sama, Santi Yudhistira selaku Ketua PkM mengatakan, kegiatan ini menarik perhatian pihak Yayasan Persatuan Islam (Persis) Tarogong-Garut.

Para narasumber diundang secara khusus oleh pihak yayasan untuk menyampaikan materi yang sama bagi para guru SDIT Persis Tarogong-Garut.

"Antusiasme peserta pelatihan menjadi salah satu indikator keberhasilan program, ungkap Santi Yudhistira yang juga Psikolog pada bidang pendidikan dan remaja," ungkap Santi Yudhistira.

Santi Yudhistira menambahkan, keberhasilan kegiatan ini menjadi motivasi tim PkM FPPsi UNJ untuk melakukan diseminasi laporan kegiatan melalui keikutsertaan dalam Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat (SNPPM 2023) pada tanggal 7 September 2023.

Baca juga: Ramai Pendidikan Dokter Jadi Kualifikasi Guru TIK, PKWU, dan Biologi di PPPK 2023

 

Reviewer pada seminar nasional tersebut memberikan feedback positif bahwa kegiatan PkM UNJ ini layak diajukan ke pihak Dirjen Dikti agar dapat berlanjut dan tersebar sebagai bukti kontribusi nyata pihak kampus untuk pendidikan di sekolah-sekolah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com