Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Yogyakarta, Nadiem Sambangi Muhammadiyah Bicara Merdeka Belajar

Kompas.com - 18/09/2023, 19:51 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim berkunjung ke Yogyakarta.

Nadiem menyempatkan diri bersilaturahmi dengan pimpinan Muhammadiyah.

Baca juga: Kemendikbud: Sistem Zonasi Dihapus Tidak Selesaikan Masalah PPDB

Silaturahmi dimaksudkan untuk menjalin kolaborasi yang lebih erat, di samping juga menyampaikan capaian dan terobosan Merdeka Belajar yang didukung Muhammadiyah.

"Alhamdulillah, pendidikan Indonesia semakin maju karena gotong royong berbagai pihak dalam bergerak bersama mewujudkan Merdeka Belajar. Saya mengapresiasi Bapak Ketum PP Muhammadiyah beserta jajarannya yang senantiasa peduli dengan kemajuan pendidikan Indonesia," kata dia dalam keterangan resminya, Senin (18/9/2023).

Pertemuan Nadiem dengan Muhammadiyah dihadiri oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir, Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, Abdul Mu'ti, Sekretaris PP Muhammadiyah, Sayuti, dan Ketua Bidang Perguruan Tinggi PP Muhammadiyah, Irwan Akib.

Selain ke MUhammadiyah, Nadiem juga mengunjungi Universitas ‘Aisyiyah (UNISA). Di sini, Menteri Nadiem melakukan dialog interaktif dengan para mahasiswa baru UNISA.

Dia menyampaikan Kemendibud Ristek berkomitmen dalam pemberian akses pendidikan tinggi yang merata, berkualitas, dan berkesinambungan.

Hal ini sejalan dengan pernyataan Presiden Joko Widodo bahwa pendidikan tinggi berpotensi memberikan dampak positif tercepat dalam pembangunan SDM unggul.

Baca juga: Lebih dari 290.000 Sekolah Telah Gunakan Kurikulum Merdeka

"Pesan saya, mahasiswa baiknya jangan cuma belajar di kampus saja namun terlibatlah dalam berbagai aktivitas yang mengasah kepemimpinan dan kepedulian terhadap lingkungan sosial," kata Nadiem.

Ketua Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah, Siti Noordjannah menyampaikan selamat datang kepada Mendikbud Ristek.

Dia berharap agar kerja sama ‘Aisyiyah dengan Kemendikbud Ristek dapat terus terjalin dengan baik.

Rektor UNISA, Warsiti mengaku bangga karena UNISA menerima kedatangan Mendikbudristek yang pada kesempatan ini dapat berbagi inspirasi khususnya bagi mahasiswa baru di UNISA.

Baca juga: Kemendikbud: AN Jadi Asesmen Pendidikan Terbesar di Dunia

"Selamat mengikuti kegiatan. Saya harap dialog bersama Mas Menteri ini bisa menjadi langkah awal bagi mahasiswa dalam mempersiapkan kesuksesan di masa depan," tukas Warsiti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com