Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswi Unila Beberkan Manfaat Pertukaran Mahasiswa di Kampus Lain

Kompas.com - 15/09/2023, 12:12 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Salah satu mahasiswi Program Studi Ilmu Hukum Universitas Lampung (Unila), Ristyana Maysha Dewi mengaku bersyukur bisa lolos Program Pertukaran Mahasiswa (PMM) periode ketiga 2023 di UGM.

Risty mengikuti program PMM di UGM sejak 14 Agustus hingga 15 Desember 2023. Tentu hal ini menjadi pengalaman luar biasa bagi dirinya.

Dilansir dari laman Unila, Jumat (15/9/2023), PMM merupakan salah satu program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang diinisiasi Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek).

Menurutnya, informasi mengenai Program Pertukaran Mahasiswa tersebut dia dapatkan dari kakak tingkat yang pernah lolos PMM.

Baca juga: Sani, Maba Unila, Bercita-cita Memajukan Pendidikan di Papua

"Dulu ada kakak tingkatku yang juga ikut pertukaran, jadi bisa banyak tanya-tanya sama dia," ujarnya.

Maka dari itu, Risty coba mendaftar dan kampus UGM jadi pilihan pertamanya. Meski harus melewati banyak proses, tetapi dia akhirnya bisa lolos.

Ikut program PMM di UGM, tentu membuat dia menemukan banyak hal baru. Ia bertemu dengan berbagai orang dari berbagai latar belakang dan budaya.

Adapun Risty mengambil mata kuliah Filsafat, Psikologi, Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan (PSdK), dan Hukum di UGM.

"Walaupun harus banyak beradaptasi dengan mata kuliah yang berbeda, aku sangat senang karena program PMM memberikan kesempatan bagi para mahasiswa, anak-anak muda bangsa untuk belajar dan mengeksplorasi dunia yang lebih luas dari kelihatannya," terang Risty.

Tentunya dia juga tetap melaksanakan program PMM dengan sebaik-baiknya demi menjaga nama baik almamater Unila.

Ternyata, kunci sukses dia lolos PMM salah satunya punya sikap saling menghargai perbedaan.

Selain itu, Risty juga sangat bersyukur karena mendapatkan teman-teman yang baik dan asyik selama mengikuti program PMM.

Maka dari itu, ia berharap agar pengalaman ini nantinya bisa membuka peluang karier dia di masa akan datang.

Baca juga: Mahasiswa Unila Inovasi Alat Monitoring Kualitas Udara

Risty memberi saran kepada mahasiswa yang tertarik mengikuti MBKM agar mempersiapkan diri dengan baik, mencari informasi akurat, dan menentukan tujuan yang jelas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com