Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dari 929 Lulusan, Politeknik Transportasi Darat Punya 4 Wisudawan Terbaik

Kompas.com - 14/09/2023, 17:05 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Politeknik Transportasi Darat Indonesia (PTDI) - STTD mewisuda 929 lulusan di Museum Transportasi, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta.

Asal tahu saja PTDI - STTD merupakan perguruan tinggi kedinasan yang berada di bawah naungan Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Baca juga: Kemendikbud Minta Lulusan Vokasi Jadi Pengusaha Saja Dibanding ASN

Direktur PTDI-STTD, Ahmad Yani mengatakan, dari semua lulusan terdapat empat wisudawan terbaik dari masing-masing program studi, yakni:

  • Ni Kadek Anggun Cahyani dari Prodi Transportasi Darat Program Sarjana Terapan Alih Jenjang menggapai nilai IPK 3,74.
  • Wildan Wahyu Nungroho dari Prodi Transportasi Darat Program Sarjana Terapan menggapai nilai IPK 3,70.
  • Annisa Dian Pungkasari dari Prodi Manajemen Transportasi Perkeretaapian Program D3 menggapai nilai IPK 3,76.
  • Ludfi Makaida dari Prodi Manajemen Transportasi Jalan Program D3 menggapai nilai IPK 3,72.

"Ini yang semua kita luluskan demi meningkatkan kompetensi SDM transportasi yang dibutuhkan dalam dunia kerja dan teknologi transportasi masa dengan dengan terus melakukan riset yang dihasilkan dari dunia vokasi," kata dia dalam keterangannya, Kamis (14/9/2023).

Dia merinci dari 929 lulusan terdiri dari Sarjana Terapan Transportasi Darat Alih Jenjang sebanyak 19 orang, Sarjana Terapan Transportasi Darat sebanyak 430 orang, D3 Manajemen Transportasi Jalan sebanyak 384 orang, dan D3 Manajemen Transportasi Perkeretaapian sebanyak 96 orang.

"Di mana para lulusan telah di bekali dengan nilai-nilai Prestasi (Profesional, etika, standar global, dan integritas) selama menjalani pendidikan," kata dia.

Baca juga: Akhir 2023, 16 Politeknik Akan Berstatus BLU

"Kita terus berupaya meningkatkan kompetensi SDM transportasi yang dibutuhkan dalam dunia kerja dan teknologi transportasi masa depan dengan terus melaksanakan riset-riset," tambah dia.

Kepala BPSDM Perhubungan, Djoko Sasono menjelaskan, pemerintah lewat sekolah vokasi ini selalu berusaha mendidik dan menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi unggul prima, profesional dan menjadi center of excellent.

Dia berpesan kepada wisudawan agar selalu dapat menanamkan rasa syukur dan bangga, selalu memotivasi diri untuk menjadi terbaik dan menjadi insan transportasi yang menjunjung tinggi nama baik bangsa dan dapat selalu menyesuaikan diri sebaik-baiknya terhadap perubahan yang terjadi, serta selalu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

"Kami berkomitmen memberikan layanan yang profesional, efisien dan tepat guna, untuk itu diperlukan sumber daya manusia yang cakap dan mampu untuk berkompetisi di era revolusi industri 4.0," jelas dia.

Baca juga: Cara Kemendikbud Tingkatkan Status Politeknik ke BLU

Tak lupa, dia juga meminta agar lulusan menguasai teknologi dan manfaatkan teknologi informasi secara proporsoinal dan bertanggung jawab.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com