Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Tips Lolos Tes TOEFL yang Wajib Diperhatikan Mahasiswa

Kompas.com - 14/09/2023, 07:29 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Keterampilan bahasa Inggris akan sangat bermanfaat di era globalisasi seperti saat ini.

Untuk mengukur keterampilan bahasa Inggris, ada beberapa tes yang harus diikuti. Salah satu yang paling familiar adalah "Test of English as a Foreign Language" atau yang biasa disingkat dengan TOEFL.

TOEFL adalah ujian standar yang dirancang untuk mengukur kemampuan berbahasa Inggris seseorang yang bukan penutur asli.

Mengantongi sertifikat keterampilan berbahasa Inggris baik TOEFL atau IELTS ini akan sangat berguna. Misalnya saat kamu akan mendaftar suatu pekerjaan hingga mendaftar beasiswa ke luar negeri.

Baca juga: Kemendikbud Buka PKBI, Pelatihan Bahasa Inggris Gratis bagi Dosen

Tips lolos tes TOEFL

Bagi siswa maupun mahasiswa yang akan mengikuti ujian TOEFL, ada beberapa tes sukses yang bisa kamu terapkan.

Dilansir dari laman Masoem University, Rabu (13/9/2023) menyampaikan beberapa tips yang dapat membantu dalam mempersiapkan diri agar lolos dalam test TOEFL.

Dengan menerapkan tips lolos tes TOEFL ini juga membuatmu meraih nilai tinggi untuk tes TOEFL yang akan kamu hadapi.

1. Pelajari format ujian TOEFL

Tips lolos tes TOEFL yang pertama adalah pastikan memahami struktur dan format dalam soal TOEFL, termasuk jumlah dan jenis pertanyaannya. Ini akan membantumu dalam mengatur strategi dan waktu selama ujian.

2. Lakukan tes simulasi

Tips lolos tes TOEFL berikutnya adalah melakukan tes simulasi TOEFL. Tes simulasi ini bahkan sangat penting untuk mendapatkan gambaran nyata tentang tipe pertanyaan dan tingkat kesulitan.

Tes simulasi ini akan membantu kamu memperoleh pengalaman langsung dan membiasakan diri dalam menghadapi ujian sebenarnya. Tes simulasi bisa dilakukan secara langsung ataupun daring.

Baca juga: Lulusan SMA/MA Bisa Daftar Akpol Berpangkat Ipda, Berikut Syaratnya

3. Latihan listening

Untuk memastikan keterampilan bahasa Inggrismu benar-benar mumpuni, tentunya kemampuan mendengarkan atau listening kosakata bahasa Inggris juga harus bagus.

Latihan mendengarkan (listening) bisa dilakukan dengan mengambil berbagai sumber audio dalam bahasa Inggri. Seperti berita, podcast, atau wawancara.

Untuk mengatasi tes listening pada tes TOEFL ini kamu perlu fokus pada pemahaman isi, pengenalan kata-kata kunci, dan pengucapan yang jelas.

Jika ingin meningkatkan kemampuan mendengar, kamu bisa mencoba untuk mendengarkan beberapa aksen dalam Bahasa Inggris, seperti aksen Amerika, British, Kanada ataupun Australia.

4. Tingkatkan kemampuan membaca

Untuk meningkatkan kemampuan membaca bahasa Inggris, bisa juga kamu mulai latihan membaca artikel dalam bahasa Inggris. Topik yang dibaca bisa berbagai topik dan genre, seperti artikel berita, ensiklopedia, ataupun fiksi.

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com