Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 Kampus di Jawa Timur Ini Tingkatkan Literasi Keuangan Mahasiswa

Kompas.com - 12/09/2023, 15:47 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Sebanyak dua kampus di Jawa Timur meningkatkan literasi keuangan mahasiswa. Kedua kampus itu adalah Universitas Katolik Widya Karya (UKWK) di Malang dan Universitas Kristen Petra Surabaya.

Peningkatan literasi keuangan yang dilakukan dua kampus dengan menggandeng Agrodana Futures dan ICDX.

Baca juga: Siswa SD-SMA Libur 2 Minggu pada Akhir Tahun 2023, Catat Tanggalnya

Di UKWK Malang, dalam meningkatkan literasi keuangan mahasiswa, yakni membentuk Commodity Derivative Interest Group (CDIG).

Ketua Umum Yayasan PTK Adisucipto Malang, Dr. Antonius Denny Firmanto mengaku, literasi keuangan untuk saat ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat, khususnya bagi kalangan anak muda atau kalangan milenial.

Untuk itu dengan adanya kerjasama antara Agrodana Futures, ICDX, dan Yayasan Perguruan Tinggi Katolik (PTK) Adisucipto Malang sebagai Lembaga Penyelenggara Universitas Katolik Widya Karya Malang, maka bisa meningkatkan kualitas pengetahuan mahasiswa tentang literasi keuangan.

"Sehingga mahasiswa dapat dengan tepat dalam melakukan pengambilan putusan dalam berinvestasi," ucap Dr. Antonius Denny Firmanto dalam keterangan resminya, Selasa (12/9/2023).

Kepala Laboratorium Pasar Modal UK Petra, Dr. Sautma Ronni mengaku dirinya menyambut baik peningkatan literasi keuangan yang dilakukan Agrodana Futures dan ICDX, sehingga mahasiswa bisa memperoleh literasi keuangan lebih jauh.

Literasi keuangan yang dilakukan melalui kuliah umum pembahasan tentang konsep, pengaturan, dan manfaat perdagangan berjangka komoditi (PBK) bagi perekonomian, maka mahasiswa mendapatkan pemahaman yang lebih utuh dari segi ilmu dan kompetensi.

"Diharapkan para mahasiswa bisa mengaitkan antara teori yang dipelajari di kelas perkuliahan dengan kondisi real praktik di lapangan. Sehingga bisa meningkatkan literasi keuangan mereka," jelas dia.

Baca juga: Deretan 11 Beasiswa S2 Dalam Negeri, Bisa Kuliah Gratis

Direktur Utama Agrodana Futures, Laurentius Gunawan menjelaskan, dirinya sangat senang melihat respon positif dari kedua universitas di Jawa Timur yang sangat ingin meningkatkan kualitas mahasiswa, terutama dalam hal literasi keuangan.

Dia mengaku, pihaknya sangat mendukung mahasiswa agar benar-benar mengetahui produk finansial.

"Yang nantinya akan membantu generasi muda baik dalam berkarir di industri keuangan maupun mengambil manfaat untuk mencapai tujuan keuangan di masa depan," tutur dia.

Dia menambahkan, kehadiran CDIG diharapkan membawa manfaat positif bagi mahasiswa UKWK dan masyarakat kota Malang terutama peningkatan literasi keuangan.

Baca juga: Lulusan SMK Bisa Jadi Polisi lewat Jalur Ini, Cek Syaratnya

"Sudah banyak masyarakat menjadi korban penipuan investasi bodong karena rendahnya literasi keuangan," tukas Laurentius.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com