Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gita Swara Nassa Angklung dari Nassa School Bekasi Tampil di Italia

Kompas.com - 10/09/2023, 14:22 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Gemuruh suara angklung membahana di dalam salah satu gedung musik bersejarah dan tertua di Italia, Scarlatti Hall, Conservatorio Musica di San Pietro di Majella, Napoli, Italia pada acara Indonesian Cultural Night.

Kegiatan ini diselenggarakan pada 7 September 2023, kolaborasi antara KBRI Roma dengan Konsul Kehormatan Indonesia di Napoli, The Italian Institute Middle East and East Studies (ISMEO), Conservatorio Musica di San Pietro di Majella, Napoli, dan University of Naples L’Orientale.

Baca juga: 66 Perguruan Tinggi Miliki Akreditasi Unggul dari BAN-PT

Indonesian Cultural Night ini menampilkan pertunjukkan seni musik dan tari Indonesia persembahan grup seni Gita Swara Nassa Angklung.

Gita Swara Nassa Angklung merupakan kelompok seni musik berbakat dari Nassa School di Bekasi beranggotakan 46 siswa-siswi untuk tingkat SD, SMP, SMA hingga alumni sekolah yang menjadi pemain angklung, pengiring musik dan penari.

Kelompok seni musik angklung ini memiliki misi untuk melestarikan angklung dan memperkuat citra positif Indonesia di mata dunia.

Penampilan Nassa School di kota Napoli merupakan puncak dari misi kebudayaan Nassa School tahun 2023 di Italia.

Sebelum bersinggah di Napoli, Gita Swara telah menorehkan prestasi yang membanggakan dengan memenangkan penghargaan Grand Prix (Juara Umum) dalam Kompetisi Musik Folklore Internasional berjudul Sun of Italy yang diselenggarakan di San

Marino dan Pesaro 3-6 September 2023. Raihan terakhir ini menambah deretan penghargaan yang pernah diraih oleh Nassa School dalam beberapa tahun terakhir ini.

Dalam sambutan pembukaannya, Kuasa Usaha ad Interim (KUAI) KBRI Roma, Lefianna H. Ferdinandus menyampaikan bahwa diplomasi seni budaya Indonesia yang secara konsisten dilakukan oleh KBRI Roma bukan saja merupakan komitmen untuk melestarikan instrumen angklung.

"Ini juga sebagai bentuk pengenalan dan interaksi budaya antara Indonesia dan Italia, yang tahun depan akan merayakan 75 tahun hubungan diplomatik kedua negara," kata dia dalam keterangannya, Sabtu (9/9/2023).

KUAI KBRI Roma menambahkan, bahwa dalam bermain angklung terkandung nilai-nilai penting seperti saling menghormati, gotong royong dan kerja sama.

Hal tersebut terefleksi dengan penampilan malam ini dimana terdapat baik lagu-lagu tradisional Indonesia maupun barat.

Baca juga: Puri Pramudiani, Mahasiswa S3 UPI yang Lulus dengan IPK 4,00

Indonesian Cultural Night ini dihadiri oleh sekitar 200 lebih tamu undangan yang memadati Hall Music Utama gedung bersejarah tersebut.

Para tamu undangan terdiri dari kalangan korps diplomatik, pejabat Pemerintah Kota Napoli, akademisi, media, diaspora Indonesia dan Friends of Indonesia.

Gita Swara memainkan alunan musik angklung dengan menampilkan total 11 (sebelas) lagu tradisional Indonesia dan barat, yaitu Disney Love Medley, Bengawan Solo, Pizzicati Sylvia, Mojang Priangan, Bendera, Santa Lucia, Bohemian Rhapsody, Medley Daerah, Kemenangan Hati, O Solemio dan We Are the Champions.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com