Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unesa dan Klub Inggris Luncurkan Akademi Sepak Bola

Kompas.com - 28/08/2023, 15:47 WIB
Albertus Adit

Penulis

Sumber Unesa

KOMPAS.com - Universitas Negeri Surabaya (Unesa) punya keunggulan dibidang olahraga. Salah satunya olahraga sepak bola.

Karena itu, Unesa punya komitmen dalam membina dan melahirkan talenta-talenta muda bidang sepak bola dari Indonesia.

Tentu, komitmen itu diwujudkan dengan diluncurkannya Unesa FC Academy atau Akademi Sepak Bola Unesa. Bahkan akademi tersebut diluncurkan bersama klub liga Inggris Tranmere Rovers FC.

Adapun peluncuran Akademi Sepak Bola Unesa itu digelar di Lapangan Sepak Bola, Kampus Lidah Wetan, Surabaya, Minggu (27/8/2023).

Baca juga: Dosen Unesa: Ini Cara Sederhana Selamatkan Bumi yang Makin Panas

Pada acara peluncuran itu juga dibarengi dengan Festival dan Coaching Clinic Sepak Bola yang diikuti 120 peserta usia 7-14 tahun.

Selain itu juga diikuti 25 pelatih sepak bola yang terdiri dari guru Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK) dan mahasiswa di wilayah Surabaya.

Mereka belajar teknik dan strategi sepak bola bersama pelatih profesional dari Tranmere Rovers FC, Inggris yakni Dan O’Donnell dan Matt Hunter.

Matt Hunter, selaku manajer akademi dari Tranmere Rovers F.C. menyambut baik untuk kegiatan dan kerja sama dengan Unesa.

Dia mengatakan kedatangannya ke Unesa adalah untuk melihat potensi dan talenta sepak bola tanah air.

"Suatu kebanggan bagi kami bisa hadir di Unesa. Terima kasih untuk segala fasilitas yang telah disediakan. Kedatangan kami ingin mencari bakat baru dari anak-anak di sini," ujarnya, seperti dilansir dari laman Unesa.

"Semoga seluruh pemain di sini dapat menikmati latihannya. Kami berharap kerja sama ini dapat terus terjalin," ucapnya.

Direktur Labschool Unesa, Prof. Dr. Sujarwanto, M.Pd., mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan wujud komitmen Unesa untuk mengembangkan generasi muda dalam cabang olahraga sepak bola melalui Unesa FC Academy.

"Kami sudah memiliki pelatih yang berlisensi nasional hingga internasional. Secara insidental, nantinya Tranmere Rovers F.C. akan terus melakukan monitoring terkait perkembangan pembelajaran di Unesa FC Academy. Seluruh kurikulum akan disesuaikan dengan akademi yang ada di sana," jelas dia.

Dekan Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) Unesa, Dr. Dwi Cahyo Kartiko, S.Pd., M.Kes., berharap pada seluruh anak-anak atau peserta yang hadir untuk terus berlatih, siap bersaing dan berkompetisi.

Bahkan pemain terbaik di Akademi Sepak Bola Unesa akan mendapatkan kesempatan untuk belajar di Tranmere Rovers F.C. di Inggris.

Baca juga: Pakar Unesa: 5 Kebiasaan Orangtua Bisa Merusak Potensi Anak

"Manfaatkan kegiatan dan kesempatan ini untuk berlatih dan sebagai motivasi agar semangat dalam berkompetisi," harapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com