Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beri Kesempatan Siswa Belajar Bahasa Inggris dengan Native Speaker, Program Fulbright ETA Kembali Digelar

Kompas.com - 23/08/2023, 14:26 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Setelah terhenti tiga tahun akibat pandemi Covid-19, Kedutaan Besar Amerika Serikat untuk Indonesia kembali menggelar program Fulbright English Teaching Assistants (ETA) di tahun 2023.

Sebelas pengajar Bahasa Inggris asal AS akan membantu pengajaran bahasa Inggris di sekolah menengah atas dan sekolah kejuruan di tujuh provinsi, yang meliputi Sumatera Utara, Jambi, Riau, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, DI Yogyakarta, dan Jawa Tengah, dari Agustus 2023 hingga April 2024.

Program ini diharapkan dapat memberikan kesempatan pada para murid dan para guru untuk secara aktif memperhatikan penggunaan bahasa Inggris.

Baca juga: Beasiswa S2-S3 ke Singapura 2024 Tanpa Batas Usia, Uang Saku Rp 24 Juta Per Bulan

Dubes AS untuk Indonesia, Sung Y. Kim menyambut 11 pengajar ETA baru dan membahas bagaimana pekerjaan mereka dapat mendukung upaya untuk memperkuat kemitraan strategis AS-Indonesia.

Sebelas pengajar ETA akan mengikuti program orientasi selama tiga minggu di Jakarta dan Yogyakarta, berkontribusi pada pengembangan pendidikan di berbagai daerah di Indonesia, dan secara langsung mendukung prakarsa Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi untuk meningkatkan pengajaran bahasa Inggris bagi generasi muda di Indonesia.

"Kami sangat gembira dengan kembalinya program penting ini, dan saya senang merayakan ketangguhan dan kebulatan tekad yang telah menyatukan kita kembali," kata Kim dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (22/8/2023).

"Sejak tahun 1952, program Fulbright di Indonesia telah menunjukkan komitmen yang berkelanjutan untuk mendorong rasa saling pengertian dan kerja sama internasional. Hal ini mencontohkan keyakinan bersama bahwa pendidikan, dan pertukaran akademik dan lintas budaya, sangat penting dalam membangun dunia yang lebih baik dan saling terhubung," imbuh dia.

Baca juga: 40 Singkatan Bahasa Inggris Kekinian, Kamu Perlu Tahu

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com