Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - Diperbarui 24/11/2022, 10:54 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Semakin intensnya komunikasi melalui media sosial maupun aplikasi "chatting", membuat beragam singkatan dalam bahasa Inggris menjadi sering digunakan dalam percakapan sehari-hari.

Agar tak salah arti dan komunikasi dengan rekan berlangsung lebih lancar, baiknya kamu perlu mengetahui singkatan kekinian dalam bahasa Inggris dan artinya.

Beberapa singkatan mungkin sudah terdengar familiar dan dipahami bagi sebagian orang, tapi terkadang sulit dimengerti oleh yang lainnya.

Untuk mudah memahami setiap singkatan, paling mudah adalah dengan mengetahui kepanjangan dari setiap singkatan tersebut. Karena makna yang terkandung secara umum merupakan makna dan artinya.

Baca juga: 10 Bahasa Paling Banyak Digunakan di Dunia, Indonesia Nomor Berapa?

Merangkum laman Quipper Campus, berikut singkatan bahasa Inggris yang sering digunakan dalam percakapan sehari-hari, agar kamu tidak salah dalam menggunakannya:

1. AFAIK adalah kependekan dari as far as i know, yang memiliki arti sejauh yang aku ketahui. Singkatan ini biasanya digunakan saat kita ingin berbagi informasi sebatas informasi yang kita ketahui saja.

2. AFK adalah kependekan dari away from keyboard, yang memiliki arti jauh dari keyboard. Singkatan ini sering digunakan saat seseorang online, dan ingin menginformasikan bahwa untuk sementara waktu dia tidak akan menjawab pesan karena sedang jauh dari keyboard atau jauh dari komputer.

3. AKA adalah kependekan dari as know as, yang memiliki arti seperti yang diketahui. Singkatan ini memiliki makna yang mirip dengan AFAIK.

4. ANW adalah kependekan dari anyway, yang memiliki arti omong-omong atau bagaimanapun. Singkatan ini sangat umum digunakan saat kita memulai pembicaraan atau mengalihkan pembicaraan dari satu topik ke topik lainnya.

5. ASAP adalah kependekan dari as soon as possible, yang memiliki arti secepatnya. Seperti artinya, singkatan ini biasanya digunakan untuk saat kita meminta sesuatu terhadap orang lain dan berharap hal itu dapat dikerjakan segera.

Baca juga: 10 Pekerjaan yang Bakal Naik Daun di Indonesia 5 Tahun Mendatang

6. BRB adalah kependekan dari be right back, yang memiliki arti segera kembali. Saat kita ingin menginformasikan bahwa kita akan izin sebentar dan segera kembali dalam pembicaraan, kita dapat menggunakan singkatan ini.

7. BTW adalah kependekan dari by the way, yang memiliki arti omong-omong. Penggunaan singkatan ini mirip dengan ANW.

8. CMIIW adalah kependekan dari correct me if I’m wrong, yang memiliki arti koreksi jika saya salah. Karena jika ditulis akan sangat panjang dan memakan waktu, banyak orang yang menggunakan singkatan ini saat ingin mengkonfirmasi suatu hal kepada orang lain.

9. COD adalah kependekan dari cash on delivery, yang memiliki arti bayar di tempat. Jika kamu sering menggunakan fasilitas belanja online, tentu akan familiar dengan singkatan COD ini dimana konsumen bisa melakukan pembelian barang secara online, dan baru melakukan pembayaran setelah barangnya diterima.

10. DIY adalah kependekan dari do it yourself, yang memiliki arti lakukan sendiri. Singkatan ini sering digunakan saat seseorang menyebutkan bahwa kerajinan atau hasil karya yang ia miliki adalah buatan sendiri.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com